Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Polisi Bekuk Pelaku Pemalsuan Ijazah di Batam

Polisi Bekuk Pelaku Pemalsuan Ijazah di Batam
* Ilustrasi ijazah palsu.

Batam, Obsessionnews – Beragam cara tak terpuji dilakukan oleh sejumlah orang untuk mencari rezeki. Mereka tak peduli usahanya itu melanggar hukum. Salah satunya memalsukan ijazah yang kini marak di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Sepandai-pandainya menutupi bau busuk akhirnya tercium juga. Peribahasa ini pas menggambarkan ulah pelaku pemalsuan ijazah. Polisi membekuk pelaku pemalsuan ijazah tingkat SMA hingga perguruan tinggi di Batam. Kapoltabes Batam-Rempang-Galang (Barelang) Kombes Pol Asep Sjafrudin mengatakan, ijazah siap pakai itu dihargai Rp1 juta hingga Rp5 juta.

Polisi menangkap dua pelaku berinisial BI dan YR pada 22 Mei 2015. Polisi menyita 200 lembar ijazah palsu. Sebanyak 40 di antaranya sudah dicantumkan nama penesan ijazah lengkap dengan hologram dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Polisi juga menyita stempel dari berbagai sekolah di Indonesia, satu unit laptop, komputer, dan printer.

“Berawal dari penyidikan yang dilakukan secara online, tersangka kemudian kami tangkap,” kata Asep di Batam, Jumat (29/6/2015).

Para pelaku a menawarkan pembuatan ijazah dan dokumentasi penting lainnya melalui facebook. Polisi kemudian  menyelidiki tawaran tersebut.

Lalu, polisi membekuk YR di kawasan Tiban. Setelah pengembangan, polisi membekuk BI. Ternyata, YR dan BI bukan satu jaringan. Mereka memalsukan ijazah atas inisiatif masing-masing.

Hingga kini polisi masih terus mengembangkan siapa-siapa saja yang menggunakan ijazah palsu di Batam, termasuk adanya kerja sama perguruan tinggi yang ada di daerah ini. (*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.