Senin, 20 September 21

Polda Jaya Amankan Pelaku Penipuan Penyaluran TKI

Polda Jaya Amankan Pelaku Penipuan Penyaluran TKI

Jakarta, Obsessionnews – Petugas Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap dan menahan seorang pelaku dugaan penipuan berkedok agen penyalur Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Dewi Mulyati (DM).

“Terlapor atas nama Dewi Mulyati sudah kita tangkap dan kita tahan,” ungkap Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Ia menjelaskan, pelaku mengimingi para korban untuk dapat bekerja di Korea Selatan. Menurutnya, seluruh korban dari kasus tersebut ada 13 orang. “Korban dijanjikan pekerjaan di Korea selatan dengan gaji sebesar kurang lebih Rp 16-20 juta,” kata Krishna.

Kasus tersebut dilaporkan oleh salah satu korban bernama Eko Priyono pada 2 November 2015 lalu.

Krishna menambahkan, tersangka melalui Ny N dan Dw selaku sponsor datang ke Malang, Jawa Timur. Mereka kemudian menawarkan kepada para korban, sebuah pekerjaan di Korea Selatan dengan iming-iming gaji yang menggiurkan.

“Para korban dijanjikan berangkat segera dalam tempo 2 minggu apabila bersedia menyerahkan uang,” tuturnya.

Para korban yang tergiur dengan tawaran itu kemudian menyerahkan uang secara bertahap melalui sponsor. Sementara sponsor kemudian menyerahkan uang kepada tersangka yang berada di Ciawi, Bogor pada 11 Agustus 2015.

Uang yang masuk kantong pribadi tersangka sebesar Rp 15 juta serta penyerahan uang di Menara Hijau Jaksel pada tanggal 6 Oktober 2015 sebesar Rp 10 juta hingga total uang seluruhnya yang ditransfer sebesar Rp 30 juta.

“Namun setelah ditunggu-tunggu sampai dengan saat ini pekerjaan yang ditawarkan dan dijanjikan oleh terlapor tidak pernah ada, fiktif,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.