Minggu, 28 November 21

Polda Bongkar Kasus Pembobol ATM di Jakarta dan Sekitarnya

Polda Bongkar Kasus Pembobol ATM di Jakarta dan Sekitarnya
* ilustrasi

Jakarta, Obsessionnews – Penyidik Polda Metro Jaya membongkar kasus pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di sejumlah wilayah DKI Jakarta. Aksi pembobolan tersebut dilakukan oleh tersangka AGS (38), AH (44) dan ARS (35) dibeberapa titik, seperti ATM di Tebet, Jakarta Selatan, Ciledug, Bekasi, Pondok Bambu dan Karawang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, modus yang dilakukan para tersangka melakukan transaksi penarikan uang tunai melalui mesin ATM tertentu secara normal dan dilakukannya sendiri-sendiri.

“Pada saat mesin ATM memproses dan menjelang uang keluar dari tempatnya, lalu dengan memakai alat tertentu tersangka mengganjal untuk menghindari proses pendebetan,” ujarnya di Jakarta, Minggu (5/6/2016).

Setelah berhasil mendapatkan uang dari mesin ATM, tersangka lalu mengecek saldo dan dilihat dalam tampilan monitornya saldo tidak berkurang atau rekening tidak terdebet. Kemudian, sambungnya, setiap tersangka memiliki peranan berbeda-beda.

Tersangka AGS (38), berperan melakukan pencurian uang di mesin ATM merek tertentu dan berhasil menikmati uang sebesar Rp 200 juta lebih. Tersangka AGS mengajarkan kepada AH (44). AH berperan mencuri uang di ATM dan mendapatkan Rp 298 juta. Selanjutnya, ARS (35) mencuri dan menikmati uang sebesar Rp 39 juta.

Dari tangan tersangka petugas berhasil menyita dua lembar KTP, enam unit handphone, satu unit laptop, 14 buah kartu ATM, 13 buku tabungan, satu buah gagang sendok yang telah dimodifikasi. Sabuah gagang potong kuku, sebuah obeng dan pinset dan uang tunai sebesar Rp65juta.

Terhadap ketiga tersangka dapat dikenakan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman penjara lima tahun penjara. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.