Minggu, 5 Desember 21

PNS Diminta Tetap Tenang Soal Pemangkasan PNS

PNS Diminta Tetap Tenang Soal Pemangkasan PNS

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Dewan Pimpinan Nasional Korpri, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH mengimbau seluruh pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN (Aparatur Sipil Negara) agar tidak perlu khawatir dengan program rasionalisasi (pemangkasan) yang sedang digulirkan oleh pemerintah. Para PNS diminta tetap tenang dan bekerja sebagai mana biasanya.

“Semua PNS di seluruh Indonesia agar tetap tenang dan bekerja dengan baik, karena yang dilakukan adalah negative growth,” ujar Zudan saat menggelar jumpa pers usai bertemu Presiden Jokowi di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Zudan menjelaskan, rasionalisasi PNS bukan berarti akan dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Akan tetapi lebih bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas kerja PNS dan efisiensi belanja pegawai yang berasal dari APBN.

“Tadi bapak presiden mencontohkan misalnya yang pensiun 100 ribu maka pengangkatan baru cukup 40 ribu atau tidak lebih dari 50 persennya. Jadi yang disebut negative growth,” jelas Zudan.

“Pertumbuhannya yang negatif sehingga secara alamiah PNS, tak akan berkurang, kalau setiap tahun berkurang karena pensiun alamiah itu 300 ribu hanya diisi 60 ribu diisi 100 ribu maka dalam waktu 5 thun ke depan jumlah anggaran negara akan berkurang besar, cukup besar, sehingga efisiensi dilakukan secara alamiah. Nah ini yang ditekankan oleh bapak presiden,” tambahnya.

Menurut Zudan, dalam pertemuan itu Presiden Jokowi berpesan kepada seluruh PNS agar merubah pola pikir lama menjadi pola pikir baru yang di dalamnya ada paradigma bahwa saat ini sedang terjadi persaingan yang ketat PNS sendiri maupun persaingan PNS dengan dunia luar seperti MEA.

“Sehingga di dalam semua pergerakan PNS itu harus ada unsur efisienn harus ada unsur kompetisi yang terus-menerus, sehigga kualitasnya harus di tingkatkan terus-menerus,” kata Zudan.

Untuk itu, Presiden Jokowi menekankan kembali kepada seluruh PNS membangun motivasi diri untuk bekerja dengan baik, lebih disiplin, dan bekerja keras. Selanjutnya Presiden Jokowi akan memberikan pengarahan kepada seluruh PNS dalam peringatan Hari Ulang Tahun Korpri.

“Agar di dalam melaksanakn tugas-tugas pemerintahan bisa dilakukan secara lebih tepat, lebih bagus, lebih cepat terutama untuk peningkatan kualitas pelayanan publik,” pungkas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.