Rabu, 12 Agustus 20

PMII Bertekad Melahirkan Kader-kader Tangguh

PMII  Bertekad Melahirkan Kader-kader Tangguh

Batam – Sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan yang tertua dan disegani di Indonesia, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tak pernah berhenti melakukan kaderisasi. PMII banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional yang hebat di berbagai bidang. Contohnya di pentas politik, salah seorang mantan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PMII yang kariernya bersinar adalah Muhaimin Iskandar. Keponakan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini menduduki posisi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Muhaimin pernah menjadi Wakil Ketua DPR periode 1999-2004 dan 2004-2009. Selanjutnya menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dan kini menjadi anggota DPR.

Kisah sukses Muhaimin tersebut tentu menjadi sumber inspirasi bagi kader-kader PMII di pelosok Tanah Air. Untuk itu para kader PMII dewasa ini gencar melakukan konsolidasi dan kaderisasi agar dapat melahirkan tokoh-tokoh nasional yang bermutu.

Tongku  Hasibuan, Ketua  PMII Kota Batam periode  2014-2015.
Tongku Hasibuan, Ketua PMII Kota Batam periode 2014-2015.

Tak mau kalah dengan kader-kader PMII di daerah-daerah lain, para kader PMII di Kota Batam, Kepulauan Riau, pun aktif melakukan kaderisasi. Tahun 2014 lalu Tongku Hasibuan terpilih menjadi Ketua Pengurus Cabang (PC) PMII Kota Batam periode 2014-2015. Walikota Batam melantik PC PMII Kota Batam di Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Batam, Sabtu 27 Desember 2014. Setelah dilantik menjadi orang nomor satu di PMII Batam, Tongku bergerak cepat melakukan konsolidasi. Tantangan besar menghadang di depannya, yakni banyak mahasiswa di kota itu yang lebih memilih bekerja daripada kuliah atau berorganisasi. Ia mengingatkan, pendidikan itu penting dan jangan sampai drop out (DO) gara-gara sibuk bekerja. Selain itu, Tongku berharap agar mahasiswa juga aktif berorganisasi, termasuk bergabung dengan PMII.

“Saya akan melakukan pendekatan kepada para mahasiswa agar mereka mau bergabung dengan PMII. Enak lho aktif berorganisasi itu, karena bisa punya banyak teman. Selain itu, saya akan mendorong mereka agar semakin bersemangat belajar,” kata Tongku kepada Obsessionnews.com di Batam, Jumat (16/1/2015).

Dalam target jangka pendek, lanjutnya, PMII membuka pendaftaran penerimaan anggota baru. Diharapkan banyak mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dengan PMII. Kegiatan lainnya yang segera dilaksanakan adalah melakukan sunat massal di Pulau Penawar Rindu. Untuk kegiatan ini PMII bekerja sama dengan berbagai pihak. Selain itu PMII juga akan menggelar bakti sosial di Kampung Tua. Diharapkan masyarakat juga terlibat aktif dalam acara bakti sosial ini.

Sedangkan target jangka panjang adalah membentuk komisariat PMII di seluruh kampus yang ada di Batam. Ini tentu menjadi tantangan besar bagi Tongku dan pengurus PMII lainnya apakah mampu merebut hati mahasiswa untuk bergabung dengan PMII. “Agenda lainnya adalah mengadakan pelatihan kader dasar dan pelatihan kader lanjut. Pelatihan ini penting untuk melahirkan kader-kader PMII menjadi kader-kader yang tangguh dan memiliki idealisme,” kata Tongku.

Tekad Tongku melahirkan kader-kader PMII yang handal itu semoga menjadi kenyataan. (Ade)

Related posts