Rabu, 29 September 21

PM Luksemburg Menikah dengan Pasangan Sesama Jenis

PM Luksemburg Menikah dengan Pasangan Sesama Jenis
* PM Luksemburg Xavier Bettel (kanan) menikahi pasangannya, Gauthier Destenay. (bbc.co.uk)

Luksemburg – Hah! Perdana Menteri (PM) Luksemburg Xavier Bettel menjadi pemimpin pertama di Uni Eropa yang menikah dengan pasangan sesama jenis.

Bettel menikahi pasangannya, Gauthier Destenay, dalam sebuah upacara pernikahan yang tertutup di Balai Kota Luksemburg.

Pernikahan itu terjadi setelah pada Juni 2014 lalu parlemen negara tersebut meloloskan undang-undang yang memperbolehkan pasangan sesama jenis untuk menikah.

“Saya bisa saja menyembunyikan atau menekannya dan menjadi tidak bahagia sepanjang hidup. Namun, saya berkata dalam hati, jika kamu ingin menjadi politisi dan jujur dalam politik, kamu harus jujur dengan diri sendiri dan menerima diri kamu apa adanya,” kata Bettel.

Setelah menikah, sang perdana menteri dan pasangannya tidak akan pergi berbulan madu. Sebab, sebagaimana dilaporkan kantor berita AFP, Bettel harus menghadiri forum ekonomi di Kazakhstan.

Kepada BBC, Pierre Leyes, seorang wartawan di Luksemburg, mengatakan media dan publik negara itu menghormati keinginan perdana menteri untuk menikah dengan pasangan sesama jenis.

“Itu adalah sesuatu yang tertanam di masyarakat Luksemburg. Kami menyimpan segala sesuatu pada diri masing-masing dan tidak suka mengumbar,” kata Leyes.

Di Uni Eropa, Bettel adalah pemimpin pertama yang menikah dengan pasangan sesama jenis saat masih berkuasa.
Sebelumnya, Elio di Rupo menikah dengan pasangan gay ketika telah lengser dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Belgia.

Adapun di dunia, pemimpin yang pertama kali menikah dengan pasangan sesama jenis ialah Perdana Menteri Islandia, Johanna Sigurdardottir, pada 2010 lalu. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.