Kamis, 2 Desember 21

PKS Tolak Sekolah Parlemen Usulan Ketua DPR

PKS Tolak Sekolah Parlemen Usulan Ketua DPR

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, tidak sepakat dengan usulan Ketua DPR Ade Komarudin untuk mendirikan sekolah parlemen. Menurutnya, sekolah parlemen justru akan ditertawakan oleh masyarakat karena bersebrangan.

“Kalau sampai mendirikan sekolah parlemen nanti dipersepsi lain oleh publik, kok anggota DPR malah sibuk belajar bukannya kerja melaksanakan fungsi utama,” kata Jazuli ‎melalui keterangan tertulisnya, Senin (29/8/2016).

Jazuli lebih percaya ‎untuk peningkatan (upgrading) kualitas anggota DPR dalam melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran menjadi tanggung jawab partai melalui sekolah parpol.

“Parpol yang seharusnya didorong untuk melakukan itu dan pada prakteknya bisa saja bersinergi dengan akademisi perguruan tinggi atau kalangan civil society,” katanya.

Ia mengaku pernah meneliti tentang reformasi DPR dalam disertasinya. Berdasarkan penelitiannya, yang dibutuhkan DPR adalah penguatan dukungan keahlian yang profesional dan kompeten serta independen.

Selebihnya yang diperlukan adalah disiplin Anggota DPR dalam merujuk hasil-hasil riset dan data-data ilmiah akurat yang dihasilkan para ahli sebagai basis analisis pembuatan kebijakan.

“Secara kelembagaan DPR harusnya punya semacam lembaga pendukung keahlian seperti di Amerika Serikat, ada budget housedan library of congress, yang benar-benar profesional dan independen, diisi para pakar di berbagai bidang. Usernya adalah anggota DPR,” jelas Jazuli. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.