Selasa, 9 Maret 21

PKS Tantang Bank Mandiri dan BNI Kalahkan Rentenir untuk UMKM

PKS Tantang Bank Mandiri dan BNI Kalahkan Rentenir untuk UMKM
* Anis Byarwati, anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Foto: DPP PKS)

Jakarta, obsessionnews.com – DPR RI prihatin terhadap tingginya pelaku usaha ultra mikro yang masih mengandalkan rentenir untuk memperoleh pinjaman modal. Masalah ini mengemuka dalam rapat kerja antara Komisi XI DPR dengan direksi Bank Mandiri dan Bank BNI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021). Keprihatinan tersebut diungkapkan Anis Byarwati, anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

 

Baca juga:

Sofyan Djalil: Tanah Bersertipikat Bebaskan Masyarakat Dari Rentenir

KSU Talenta, Mitra Repeater LPDB yang Diharapkan Jadi Pengentas Rentenir di NTT

 

Legislator dari daerah pemilihan Jakarta Timur ini mengungkapkan hasil survei yang dilakukan oleh BRI kepada 30 juta pelaku usaha ultra mikro.

“Data yang dipublis dari survei ini sangat memprihatinkan,” ujar Anis.

Dikutip obsessionews.com dari situs PKS, Jumat (5/2/2021), dalam rapat kerja itu Anis menuturkan, sebanyak 5 juta pelaku usaha ultra mikro masih mengandalkan rentenir untuk memperoleh pinjaman modal. Sementara 15 juta pelaku usaha ultra mikro mendapatkan pendanaan dari sektor formal, yaitu dari bank 3 juta pelaku usaha, dari Pegadaian 3 juta pelaku usaha, dari Group Lending 6 juta pelaku usaha, dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 1,5 juta pelaku usaha, dan dari Fintech 1,5 juta pelaku usaha.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.