Minggu, 26 September 21

Pisang Jadi Obat untuk Berbagai Penyakit

Pisang Jadi Obat untuk Berbagai Penyakit
* Buah pisang. (Foto: Pexels/Don J)

Kenapa di rumah perlu ada pisang? Baca surat Al Waqi’ah, di tengah ayat ke 29 artinya luar biasa.

قال الله تعالى : وَطَلۡحٖ مَّنضُودٖ
( سورة الواقعة – 29 )

Hari Kiamat (Al-Wāqi`ah):29 – dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),

Ternyata pisang itu buah surga. Kenapa Allah menyatakan pohon pisang, kan biasanya kurma?

Dan ternyata masya Allah manfaat buah pisang menjadi obat untuk berbagai penyakit. Dan ini telah ada yang meneliti.

Manfaat buah pisang

Pisang mengandung tiga jenis gula semula jadi – sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Sebiji pisang memberikan dorongan instan pada pecernaan secara berkelanjutan dan energi substansial. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan hanya dua biji pisang akan memberikan energi yang cukup untuk sebuah latihan berat selama 90 menit.

Tidak heran mengapa pisang menjadi buah bagi kebanyakan atlet terkemuka di dunia. Supply energi bukan satu-satunya yang didapati dari pisang tetapi pisang dapat membantu kita agar tetap fit.

Hal ini juga dapat membantu mengatasi atau mencegah dan mengatasi sejumlah besar penyakit dan kondisi badan yang kurang fit, sehingga pisang merupakan suatu keharusan untuk melengkapi diet harian.

Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND di antara penderita depresi banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang akan membuat anda menjadi relax, memperbaiki suasana hati (mood) dan secara umum akan membuat seseorang merasa lebih nyaman.

Bagi Penderita Diabetes: Makanlah pisang setiap hari. Karena vitamin B6 terkandung dalam pisang akan mengawal tingkat glukosa darah anda dan akan mempengaruhi suasana hati Anda.

Bagi Penderita Anemia: Pisang mengandung zat besi tinggi, Pisang juga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu dalam berbagai kes anemia (kurang darah).

Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi: Buah tropika yang unik ini sangat tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sempurna untuk mengalahkan tekanan darah. Begitu banyak gunanya sehingga US Food and Drug Administration (Departmen ) baru saja mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan ujian rasmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

Menambah Kemampuan Otak: 200 siswa di sekolah Twickenham (Middlesex) sangat terbantu dalam ujian mereka tahun ini kerana memakan pisang pada saat sarapan, saat istirahat dan saat makan tengah hari dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan otak mereka.

Penelitian telah membuktikan bahawa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu siswa dalam belajar dan juga membantu siswa menjadi semakin peka utk berfikir.

Sembelit: Pisang mengandung zat fiber dalam kadar yang tinggi, Pisang dapat juga membantu menormalkan kembali kerja pencernaan anda, Pisang akan membantu mengatasi permasalahan pencernaan ini tanpa anda harus kembali ke Obat yang jelas BAB anda akan jadi semakin lancar .

Obat Mabuk: Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk (darat,  laut dan udara) adalah dengan meminum milkshake pisang ditambah dengan madu sebagai pemanis. Milkshake pisang akan berkesan menenangkan perut anda dan dengan bantuan madu akan mengontrol kadar gula darah anda untuk menjadi normal kembali, sementara susu akan menenangkan perut dan sistem pencernaan anda.

Mulas dan Sakit Perut: Pisang memiliki efek antasid pada tubuh, jadi jika Anda menderita mulas dan perut terasa senak maka cobalah makan pisang untuk mengurangi sakitnya.

Mual di Pagi Hari (Morning Sickness): Ambil pisang antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual di pagi hari.

Gigitan Nyamuk: Sebelum anda menggunakan krim atau cairan anti gigitan nyamuk, cobalah dulu menggosok daerah yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak orang yang sudah merasakan hebatnya Kulit pisang karena akan mengurangi pembengkakan dan gatal pada kulit .

Saraf: Pisang mengandung vitamin B dalam kadar tinggi yang sangat membantu dalam menenangkan sistem saraf.

Bagi Penderita Obesitas yang Bekerja: Kajian Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan seperti, snack, coklat dan kerepek. Setelah meneliti 5.000 orang sakit di rumah sakit, para peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang yg menderita kegemukan lebih sering berada dalam tekanan kerja yang tinggi.

Banyak Laporan yang menyimpulkan bahwa untuk menghindari panik akibat tekanan kerja yang berlebihan dan nafsu yang tinggi untuk memakan makanan apapun, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan ambil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk ;menjaga agar kadar gula darah menjadi stabil.

Usus: Pisang bisa digunakan sebagai bahan makanan utama untuk diet bagi penderita luka usus, Pisang akan mencegah gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan teksturnya yang sangat lembut dan halus. Pisang adalah adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kes penyakit yang parah. Dan pisang juga akan meneutralkan kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam usus

Kontrol Suhu: Banyak budaya lain melihat pisang sebagai buah “pendingin” yang dapat menurunkan suhu baik fisik dan emosional, para ibu hamil di Thailand misalnya, mereka akan makan pisang sebelum melahirkan dengan keyakinan bahwa si bayi akan lahir dengan suhu dingin.

Bagi Para Perokok: Buah pisang dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Vitamin B 6, B 12 yang dikandungnya, serta kalium dan magnesium akan sangat membantu tubuh anda untuk cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

Stress : Kandungan Kalium dalam pisang adalah mineral yang penting, yang akan membantu menormalkan detak jantung, mensuplai lebih banyak oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, metabolisme kita akan meningkat, sehingga mengurangi kadar Kalium. Ini dapat dineutralkan (rebalanced) dengan bantuan snack pisang yang tinggi kalium.

Stroke: Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine, makan pisang sebagai bagian dari diet teratur dapat menurunkan risiko kematian kerana stroke sebanyak 40 persen!

Kutil: Mereka yang suka pada pengobatan tradisional sudah banyak yang tahu bahawa pisang bisa menghilangkan atau mengecilkan kutil, jika anda ingin menghilangkan kutil, maka ambillah sepotong pisang dan letakkan di kutil anda, dengan bahagian kuning atau kulit ada di luar, tampal itu dengan plaster sampai beberapa waktu, gantilah setiap pagi dan tghari, setelah beberapa hari lalu lihatlah !!

Jadi ingatlah, pisang adalah obat alami untuk berbagai penyakit. Pisang mengandung protein empat kali ganda karbohidrat dua kali , zat fosfor tiga kali vitamin A dan zat besi lima kali dan ada pula dua kali ganda kandungan vitamin dan mineral lainnya. Pisang juga kaya kalium dan merupakan salah satu makanan dengan nilai terbaik, Jadi mungkin sekaranglah saatnya untuk mengubah pandangan kita terhadap pisang dan makanlah pisang setiap hari.

Pisang, sungguh-sungguh buah yang menakjubkan! (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.