Rabu, 24 April 24

Pindah ke Al-Nassr, Gaji Ronaldo Lebih Rp6,484 Triliun per Tahun

Pindah ke Al-Nassr, Gaji Ronaldo Lebih Rp6,484 Triliun per Tahun
* Cristiano Ronaldo bergabung dengan klub Al Nassr, Arab Saudi. (AFP/Straits Times)

Megabintang Cristiano Ronaldo, 37, cabut dari Manchester United untuk kemudian resmi dan tuntas telah bergabung ke klub Al-Nassr sekaligus menjadi Duta Piala Dunia Arab Saudi, dengan total gaji/bayaran mencapai lebih €400 juta setara Rp6.484.400.000.000 atau Rp6,484 triliun per tahun.

Arab Saudi diperkirakan akan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 dan Ronaldo berperan dalam usaha tersebut.

Ronaldo akan mendapatkan €200 juta (S$571 juta) untuk mempromosikan tawaran bersama Arab Saudi untuk Piala Dunia 2030 di samping gaji klubnya, kata seorang sumber yang dekat dengan klubnya kepada AFP, Senin (9/1/2023).

Superstar Portugal tersebut diperkenalkan kepada ribuan penggemar Al Nassr di Riyadh pekan lalu, sejauh ini merupakan pemain paling terkenal yang bergabung dengan klub di Arab Saudi atau negara Teluk lainnya.

Kerajaan kaya minyak itu, bersama dengan Mesir dan Yunani, sedang mempertimbangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola dunia 2030, dan peran duta besar Ronaldo akan membawa penghasilannya yang dilaporkan di negara itu menjadi lebih dari €400 juta.

“Ronaldo akan dibayar lebih dari €200 juta untuk kesepakatan itu,” kata sumber tersebut, yang mengetahui kesepakatan itu tetapi meminta namanya dirahasiakan.

“Dia akan menjadi duta untuk tawaran Piala Dunia 2030 Saudi dengan harga €200 juta lagi.”

Kedatangan mantan pemain Manchester United, Real Madrid dan Juventus itu terjadi hanya beberapa minggu setelah negara tetangga Qatar menjadi negara Arab pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Argentina, yang dipimpin oleh musuh bebuyutan Ronaldo, Lionel Messi, mengalahkan Prancis melalui adu penalti di final menyusul hasil imbang 3-3 yang mendebarkan.

Pemenang Ballon d’Or lima kali Ronaldo, yang juga telah memenangkan Liga Champions lima kali dan memegang rekor pencetak gol turnamen itu, diperkirakan akan melakukan debutnya di Al Nassr pada 22 Januari.

Kesepakatan itu didukung oleh bangsawan senior yang mendukung Al Nassr, termasuk penguasa de facto Arab Saudi Putra Mahkota Mohammed bin Salman – dikenal luas sebagai “MBS” kata sumber itu.

“MBS (dan saudara laki-lakinya) Naif, Turki dan Rakan, putra Raja Salman, semuanya adalah anggota kehormatan Al Nassr bahkan sebelum ayah mereka menjadi putra mahkota,” kata sumber itu.

“Mereka ingin memberikan supremasi klub tercinta dan menempatkannya dalam sorotan internasional. Cara terbaik adalah membawa pemain terbaik di dunia.”

Kesepakatan itu telah dibiayai oleh dana kekayaan kedaulatan kerajaan konservatif, Dana Investasi Publik (PIF), tambah sumber itu.

“Al Nassr dan klub Saudi lainnya tidak memiliki dana sebesar ini untuk kesepakatan sebesar ini. PIF yang mengamankan pembayaran, ”katanya.

Baru-baru ini, PIF telah melakukan usaha olahraga terkenal lainnya, termasuk pembelian saham mayoritas di klub Liga Utama Inggris Newcastle United.

Itu juga membiayai Liga Golf LIV yang menguntungkan, yang telah memecah dunia golf elit dengan memikat bintang-bintang top dari Tur PGA AS dan Tur Dunia DP.

Menurut sumber lain yang dekat dengan Al Nassr, para pangeranlah yang menggerakkan kesepakatan mengejutkan Ronaldo.

“Saudara-saudara MBS yang menyarankan dan berusaha untuk menyegel kesepakatan dengan harga berapa pun,” katanya.

“Mereka semua adalah fans Al Nassr dan mereka ingin membuktikan bahwa tim mereka benar-benar Internasional,” tambah sumber tersebut merujuk pada julukan Al Nassr.

Ronaldo mengatakan pada bulan Desember bahwa “pekerjaannya di Eropa telah selesai” dan bahwa dia berharap untuk membantu sepak bola Arab Saudi berkembang.

“Visi tentang apa yang Al Nassr (sedang) lakukan dan kembangkan di Arab Saudi baik dalam sepak bola pria maupun wanita sangat menginspirasi,” kata sang striker.

“Kita dapat melihat dari penampilan Arab Saudi baru-baru ini di Piala Dunia bahwa ini adalah negara dengan ambisi sepak bola yang besar dan banyak potensi.”

Al Nassr memiliki sembilan gelar liga Saudi tetapi belum pernah memenangkan Liga Champions Asia, tidak seperti pemenang empat kali Al Hilal dan Al Ittihad, yang telah mengangkat trofi dua kali. (The Straits Times/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.