Jumat, 29 Oktober 21

Pimpinan KPK Larang Novel Hadiri Panggilan Bareskrim Polri?

Pimpinan KPK Larang Novel Hadiri Panggilan Bareskrim Polri?

Jakarta, Obsessionnews – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisaris Polisi (Kompol) Novel Baswedan pada Kamis (26/2) hari ini, dipanggil oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri, untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan. Namun, Novel tidak hadir atas panggilan tersebut.

Kuasa hukum Novel yaitu M Isnur mengatakan, Novel tidak akan memenuhi panggilan Bareskrim Mabes Polri, hal itu atas permintaan dari pimpinan sementara KPK. “Ada kabar pimpinan KPK meminta Novel tidak usah hadir,” ujar Isnur saat dihubungi, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Sementara itu, Plt pimpinan KPK Johan Budi menyatakan bahwa Novel tidak dapat memenuhi panggilan Bareskrim karena ada kegiatan lain yang harus dilakukannya. Oleh karena itu, kuasa hukum Novel akan mengirimkan surat keterangan tidak hadir ke Bareskrim Mabes Polri.

“Novel hari ini kirimkan surat untuk tidak hadir dengan alasan ada kegiatan lain,” ujar Johan.

Sebagai informasi, kasus yang menjerat Novel sempat mencuat pada 2012 lalu. Kasus ini bermula saat Novel menjadi Kasat Reskrim Polres Kota Bengkulu pada 2004. Dia pernah terjerat kasus penganiayaan terhadap seorang pencuri sarang burung walet. Novel disebut menembak dan menyiksa pencuri itu dan kasus itu telah diproses oleh aparat setempat.

Namun, pada 2012, kasus itu kembali diangkat oleh penyidik Bareskrim mendatangi Kantor KPK untuk menangkap Novel. Namun, upaya itu tidak berhasil. Banyak pihak yang menyebut apa yang dilakukan Polri pada 2012 adalah kriminalisasi. Sebab, saat itu Novel menjadi salah satu penyidik KPK yang mengusut kasus korupsi simulator SIM dengan tersangka Irjen Djoko Susilo. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.