Minggu, 12 Juli 20

Pimpinan DPR: Pemindahan Ibu Kota Masih Wacana

Pimpinan DPR: Pemindahan Ibu Kota Masih Wacana
* Wakil Ketua DPR Agus Hermanto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menegaskan pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan masih sebatas wacana belum menjadi keputusan resmi. Sebab, rencana itu belum pernah dibahas antara pemerintah dengan DPR.

“Sampai saat ini pembahasan secara serius dan terus menerus memang belum dilaksanakan. Tapi wacana-wacana itu sudah timbul dan mulai digaungkan. Sekarang tinggal pembicaraan lebih serius harus dilaksanakan,” ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Agus tidak mempersoalkan bila wacana itu terus digaungkan. Namun ia berharap segara ada koordinasi yang serius antara pemerintah dengan DPR. “Sehingga kalau wacana dipersilakan saja. Yang paling bagus wacana diiringi koordinasi-koordinasi yang lebih fokus,” lanjut dia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro sebelumnya memastikan kajian rencana pemindahan ibu kota selesai tahun ini. Ia merencanakan Ibu Kota akan dipindahkan ke Kalimantan.

“Kemungkinan besar (ibu kota dipindah) di Pulau Kalimantan. Tapi spesifik dimananya di Kalimantan, itu yang masih akan kami finalkan,” kata Bambang, di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2017).

Dalam perbincangan terakhirnya dengan Presiden Joko Widodo, Bambang mengatakan kajian pemindahan ibu kota, termasuk skema pendanaan, akan rampung tahun ini. Kajian itu mulai dari penentuan lokasi, estimasi pendanaan, dan tata kota. (Albar).

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.