Minggu, 3 Juli 22

Pimpinan DPR: Dana Aspirasi Tidak Melulu Bicara Uang

Pimpinan DPR: Dana Aspirasi Tidak Melulu Bicara Uang

Jakarta, Obsessionnews.com – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mendukung adanya dana aspirasi bagi anggota DPR yang kini kembali mencuat. Menurutnya, dana aspirasi tidak selalu membicarakan uang, melainkan program di daerah pemilihan.

“Disebut dana aspirasi itu bukan duit tapi adalah program. Dalam program itu ada kaitannya dengan anggaran itu yang mengelola adalah eksekutif,” ujarnya di DPR, Kamis (15/9/2016).

Agus kembali menegaskan, dana aspirasi tidak diartikan DPR sebagai pengguna anggaran. Fungsi DPR tetap menyerap aspirasi dari masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah. Setiap aspirasi itu kata dia, nanti yang mengeksekusi pemerintah sesuai dengan kementerian masing-masing.

“Jadi DPR bukan pengguna anggaran, DPR tidak pegang uang, tapi hanya menyerap aspirasi dari bawah,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, wacana pengajuan dana aspirasi oleh DPR muncul kembali setelah pertemuan pimpinan DPR dengan Menkeu Sri Mulyani, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Wakil Ketua KPK Laode M Syarif pada 29 Agustus 2016 lalu. Ketua DPR Ade Komarudin menyebut ada 6 kesimpulan dalam pertemuan.

Salah satunya adalah terkait program pembangunan di dapil anggota DPR. Ade menyampaikan bahwa DPR menghargai pandangan pemerintah dalam pelaksanaan fungsi DPR dalam menyerap aspirasi di daerah pemilihannya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.