Kamis, 25 April 24

Pilpres AS, Michelle Obama kritik Donald Trump

Pilpres AS, Michelle Obama kritik Donald Trump
* Michelle Obama berpidato pada hari pertama konvensi partai Demokrat di Philadelphia. (BBC)

Philadelphia – Ibu negara Amerika Serikat (AS) Michelle Obama, mengkritik calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump ,dan dengan semangat mendukung Hillary Clinton dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat di Philadelphia.

“Bahasa yang penuh kebencian… dari tokoh publik di televisi tidak menggambarkan semangat sejati negeri ini,” katanya, disambut sorak-sorai dan tepuk tangan.

“Jangan ikut merendah ke tingkat mereka. Slogan kita adalah, ketika mereka semakin rendah, kita semakin tinggi!” seru istri Obama seperti dilansir bbc.com.

Sebelumnya, Senator Vermont, Bernie Sanders, berseru kepada kaum Demokrat untuk mendukung Hillary Clinton. Perempuan itu akan menerima nominasi presiden dari Partai Demokrat pada Kamis (28/7).

“Sementara Donald Trump sibuk menghina setiap kelompok, Hillary Clinton paham bahwa keberagaman adalah kekuatan terbesar kita,” kata Sanders.

Beberapa pendukung sang senator, yang merupakan saingan Clinton dalam pemilihan pendahuluan Demokrat, mencemooh ketika nama Clinton disebut; lainnya menutup mulut mereka dengan lakban bertuliskan “silenced” (dibungkam).

Pidato Michelle Obama dipandang sebagai serangan terhadap Trump, meski ia tidak menyebut nama.

Ia mengatakan bahwa ia ingin suaminya digantikan oleh “seseorang yang memahami pekerjaan ini dan menganggapnya serius.”

“Seseorang yang paham bahwa persoalan negara kita tidak hitam dan putih; tidak bisa diringkas dalam 140 karakter,” kata Obama, mengacu kepada antusiasme Trump dalam menggunakan twitter.

“Anda tak bisa mudah tersinggung atau suka mengamuk. Anda harus stabil dan kalem dan berwawasan luas.”

Ia mengatakan bahwa “hanya ada satu orang yang saya percayai dengan tanggung jawab itu, hanya satu orang yang saya percaya sungguh-sungguh layak menjadi presiden… dan dia adalah kawan kita, Hillary Clinton.”

Karena kandidat partai Demokrat itu, katanya, “anak-anak kita kini yakin bahwa perempuan dapat menjadi presiden Amerika Serikat.”

Setelah pidato istrinya, Presiden Obama menulis di Twitter, “Pidato luar biasa dari perempuan luar biasa. Sangat bangga dan negara kita telah diberkati dengan ia sebagai ibu negara. Aku mencintaimu, Michelle.”

Trump, yang mengkritik saingannya di partai Republik maupun Demokrat dengan bahasa yang terkadang kasar di Twitter, menyebut Sanders telah “mengobral diri” ke Clinton.

Ia juga mengecam pembicara lain dalam konvensi Demokrat termasuk senator Cory Booker dan Elizabeth Warren, namun tak menyebut Michelle Obama. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.