Rabu, 8 Februari 23

Pilpres 2019, Pengamat Sarankan Jokowi Ciptakan Irama Musik Sendiri

Pilpres 2019, Pengamat Sarankan Jokowi Ciptakan Irama Musik Sendiri
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pengamat politik dari Lembaga lmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris. (Foto: Twitter  @sy_haris)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Menghadapi Pilpres 2019 pengamat politik dari Lembaga lmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  sebaiknya menabuh gendang dan menciptakan irama musik sendiri. Jangan terjebak pada sikap reaktif dan merespons yang tidak perlu terhadap narasi negatif  dari lawan politiknya.

Saran itu disampaikan Syamsuddin melalui tweet di akun Twitternya, @sy_haris.Sbg petahana pak @jokowi semestinya menabuh gendang & menciptakan irama  musik sendiri. Jangan terjebak pada sikap reaktif dan memberi respons yg tidak perlu thdp setiap narasi negatif dari lawan politik. Biarlah urusan bantah membantah sbg tugas & tanggung jawab tim sukses,” tulis Haris.

Lima bulan lagi, tepatnya pada 17 April 2019, pesta demokrasi terbesar di Indonesia, yakni Pileg dan Pilpres akan digelar serentak. Pilpres diikuti Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin dan duet Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Jokowi – Ma’ruf bernomor urut 01, sedangkan Prabowo – Sandiaga bernomor urut 02.

Pilpres 2019 merupakan pertarungan jilid kedua bagi Jokowi dan Prabowo. Sebelumnya pada Pilpres 2014 Jokowi yang saat itu menjabat Gubernur DKI Jakarta menggandeng  tokoh Golkar Jusuf Kalla (JK). Saat itu Jokowi – JK diusung PDI-P, Nasdem, PKB, dan Hanura.  Sedangkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berpasangan dengan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. Prabowo – Hatta diusung Gerindra, PAN, PKS, PPP, dan Golkar. Sementara Partai Demokrat bersikap netral.

Pilpres 2014 dimenangkan oleh Jokowi – JK yang memperoleh 70.997.833 suara atau 53,15%. Sedangkan Prabowo – Hatta mendapat 62.576.444 suara (46.85%)

Pada Pilpres 2019 Jokowi merangkul Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya. Jokowi – Ma’ruf diusung PDI-P, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura.

Sementara itu Prabowo memilih Wakil Ketua Umum Gerindra Sandiaga sebagai pasangannya. Prabowo – Sandiaga diusung  Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat. (arh)

 

Baca juga:

Ormas Agung Laksono Kampanyekan Politik Santun Jokowi

Imbauan Ulama Pilih Jokowi Sebagai Capres 58.7%

Pilpres 2019, Jokowi – Ma’ruf Unggul di Survei

Apkasi Fasilitasi 31 Bupati Temui Jokowi, Bahas Persoalan Daerah

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.