Sabtu, 13 Agustus 22

PIK Keluarga, Wadah Konsultasi Bagi Penyalahguna Narkoba di Tingkat RW

PIK Keluarga, Wadah Konsultasi Bagi Penyalahguna Narkoba di Tingkat RW
* Foto ilustrasi penyalahgunaan narkoba. (Foto: Alodokter)

Obsessionnews.com – Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (PLRKM) Deputi Bidang Rehabilitasi meninjau Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Informasi Konsultasi (PIK) yang bersinergi dengan kegiatan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 di RW 013, Kel. Pulo Gebang, Kec. Cakung, Jakarta Timur, pada Senin (27/6).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Gubernur DKI Jakarta, Fery Farhati, Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, Kepala BNN Kota Jakarta Timur, Hendrajid Putut Widagdo, Sub Koordinator Rehabilitasi BNN Kota Jakarta Timur, Wiwin Herwina serta Ketua PIK Marlinaku RW 013, Kristiana Yosi.

Melalui PIK Keluarga yang didukung unsur masyarakat, seperti Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang bersinergi dengan Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) yang juga di dukung oleh organisasi kemasyarakatan lainnya seperti, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), tokoh agama, tokoh masyarakat, forum karang taruna dan anak, Babinsa dan Bhabinkamtibnas diharapkan dapat berperan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) demi mewujudkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) menuju Indonesia Bersinar.

Dalam sambutannya Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, mengungkapkan bahwa PIK Keluarga merupakan wadah bagi masyarakat ditingkat RW untuk menjangkau permasalahan keluarga. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kader profesional dalam menyediakan dan memberikan berbagai informasi penting yang dibutuhkan.

“Ruang khusus untuk PIK Keluarga juga sudah disediakan di Aula RW 013, saya berharap ketika warga datang berkonsultasi bisa diberikan solusinya”, ujar M. Anwar diterima redaksi Selasa (28/6).

Ketua PIK Marlinaku RW 013, Kristiana Yosi mengatakan selama ini telah menggunakan ruang khusus Konseling program IBM untuk melakukan sosialisasi kegiatan IBM serta bahaya penyalahgunaan narkoba serta pelayanan konsultasi maupun rujukan yang bekerja sama dengan BNN Kota Jakarta Timur.

Sementara itu, Ibu Isma Dewi selaku Kader Agen Pemulihan mengatakan bahwa kami merupakan mitra dari PIK Keluarga Marlinaku yang bertugas memberikan sosialisasi tentang Program IBM, pemetaan wilayah rawan penyalahgunaan Narkoba serta penjangkauan klien.

“Pelaksaan IBM sampai saat ini sudah berjalan dengan baik, kami juga melakukan pendampingan Pemulihan bagi klien IBM serta memberikan pelatihan vocational supaya mereka kembali pulih, produktif, dan berfungsi sosial.

Menurut Ibu Wiwin Herwina, selaku Pendamping kegiatan IBM di kelurahan Pulo Gebang, PIK Keluarga dan Program IBM diharapkan dapat menjalin sinergi dalam mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan terkait permasalahan penyalahgunaan narkotika

Dengan momentum peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2022 beserta sinergitas seluruh masyarakat dalam kegiatan IBM dan PIK Keluarga diharapkan mampu bekerja secara cepat, hebat berantas Narkoba di Indonesia dan menciptakan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan narkotika. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.