Senin, 27 September 21

Pihak Novanto Dalami Pelanggaran Pidana Sudirman

Pihak Novanto Dalami Pelanggaran Pidana Sudirman
* Firman Widjaja.

Jakarta, Obsessionnews – ‎Tim kuasa hukum Ketua DPR RI Setya Novanto tengah mendalami dugaan pelanggaran pidana yang dilakukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM )Sudirman Said, terkait laporannya yang menuding Setya Novanto minta saham kepada PT Freeport dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anggota tim pengacara Novanto, Firman Widjaja, mempertanyakan, apakah Sudirman punya kewenangan menggunakan rekaman pembicaraan Setya Novanto dan pengusaha minyak, dengan petinggi Freeport sebagai alat bukti untuk melaporkan kasus ini ke Mahkamah Kehormatan Dewan.

“Kita sebagai penasihat hukum sedang mendalami dan ini juga penting bagi siapapun tentang keabsahan alat bukti, perolehan alat bukti, dan otoritas penggunaan alat bukti yang harus memperhatikan Undang-Undang ITE, karena ini berkaitan dengan aktivitas penyadapan atau interception,” ujar Firman usai bertemu Novanto di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/11/2015).

Menurut Firman, tim kuasa hukum telah memberikan masukan-masukan dari sisi hukum kepada Novanto terkait rekaman yang diduga dilakukan oleh pimpinan Freeport Maroef Sjamsuddin itu. Dalam UU ITE, lanjut Firman, hanya pihak berwenang seperti Polri dan KPK yang boleh melakukan penyadapan atas seizin pengadilan.

“Ini semua tentu ada otoritasnya. Nah, ini perlu penelitian yang mendalam terhadap bukti yang saat ini ada di MKD, jangan sampai alat bukti ini bermasalah dari sudut validitasnya termasuk salah otorisasnya. Dalam UU ITE dilarang yang tidak berwenang sehingga dijadikan alat bukti kecuali otoritas yang diberikan dalam UU ITE,” imbuhnya.

‎Selain itu Firman mengatakan, pihaknya akan melaporkan Sudirman ke polisi setelah melakukan pendalaman ini. Meski demikian, Firman juga tetap meminta kepada Setya Novanto menghargai proses hukum yang berlangsung di MKD. “Pak etua DPR berpesan sama-sama kita menghormati marwah dan kehormatan MKD,” ucapnya.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.