Kamis, 21 Oktober 21

Pierluigi Collina Tentang Teknologi dan Wasit

Pierluigi Collina Tentang Teknologi dan Wasit
* Pierluigi Collina (ist)

Roma, Obsessionnews-Mantan wasit terkenal asal Italia, Pierluigi Collina, mengingatkan bahwa penggunaan teknologi di sepakbola membuat dia merasa tidak terpakai seluruh keahlian yang dimilikinya, seandainya dia masih bertugas.

Presiden FIFA yang baru, Gianni Infantino  mengatakan akan memakai teknologi yang sudah dikembangkan selama dua tahun, tujuannya untuk membantu wasit, misalnya memutuskan apakah suatu kejadian pantas di hukum penalti atau tidak.

Teknologi ini akan dipakai FIFA, di turnamen resmi, misalnya Piala Eropa 2016.

Collina mengatakan teknologi ini tidak semudah pemantau garis gawang (goal line technology).

Infantino mengatakan kita harus terbuka tehadap perkembangan teknologi untuk sepakbola, dan dia setuju. Nantinya itu akan dipelajari, bagaimana penerapannya dalam pertandingan.

Jika nantinya dibutuhkan wasit tambahan untuk mengawasi rekaman video, Collina mengatakan itu bisa dipertimbangkan.

Idealnya menurut dia, wasit yang menentukan, dan menentukan keputusannya. Asisten berguna, untuk melihat apa yang terlewat oleh mata manusia.

Misalnya definisi mendorong pemain atau apa yang bisa didefinisikan sebagai menahan atau menarik pemain, bisa dilakukan saat itu juga atau melalui rekaman.

Collina senang bahwa FIFA menerapkan penghapusan aturan bahwa jika ada upaya menghalangi seseorang mencetak gol, mendapatkan hukuman ganda: kartu merah dan penalti.

Selain itu Collina melihat perlu penerapan aturan bahwa jika seseorang cedera akibat suatu kejadian yang mendapatkan kartu, berhak dirawat di dalam lapangan.

Selain itu, peraturan tentang offside, handsball, juga perlu dipikirkan. (football italia/baron)

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.