Jumat, 2 Desember 22

Piala Dunia 2022: Ronaldo ‘Raja’ di Instagram, Nilai Satu Posting Rp52,5 Miliar

Piala Dunia 2022: Ronaldo ‘Raja’ di Instagram, Nilai Satu Posting Rp52,5 Miliar
* Cristiano Ronaldo. (Getty/BBC)

Megabintang Cristiano Ronaldo mengungguli Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe sebagai pesepak bola yang paling berpengaruh di layanan media sosial Instagram pada ajang paling bergengsi Piala Dunia 2022 mendatang.

Dilansir BBC News, penyerang dari timnas Portugal itu mengalami peningkatan pengikut 47% pada tahun lalu.

Pemain yang berusia 37 tahun itu memiliki rata-rata nilai lebih Rp52,5 miliar untuk setiap postingan di Instagram, menurut analis Nielsen Sports.

Rekan setim Ronaldo di Manchester United, Jadon Sancho, terpilih menjadi pemain Inggris yang paling berpengaruh, sedangkan Gavi dari Barcelona menjadi bintang yang paling tinggi melakukan terobosan jumlah pengikut dengan pertumbuhan mencapai 5.165%.

Pemeringkatan itu didasarkan pada alat pengukuran influencer Nielsen, yang mengevaluasi total pengikut, pertumbuhan pengikut, tingkat keterlibatan atau interaksi, dan rata-rata nilai merek per postingan di Instagram, untuk memberikan total nilai media.

Nielsen mengukur para pemain yang diharapkan tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ronaldo memiliki 480 juta pengikut di Instagram, sementara Messi dari Argentina memiliki 360 juta pengikut.

Pengikut Messi mengalami pertumbuhan 38% dalam 12 bulan terakhir dan menghasilkan nilai media Rp39 miliar per posting.

Trio penyerang Paris St-Germain, Messi, Neymar dan Mbappe masing-masing menempati urutan kedua, ketiga dan keempat di belakang Ronaldo.

Neymar dan Mbappe masing-masing memiliki rata-rata nilai lebih dari Rp15 miliar per posting.

Dari 10 besar pesepak bola, pemain Brasil Vinicius Junior memiliki pertumbuhan terbesar dengan peningkatan pengikut mencapai 90%, khususnya setelah ia mencetak gol kemenangan di final Liga Champions untuk Real Madrid melawan Liverpool.

Siapa Timnas Paling Berpengaruh
untuk tingkat keterlibatan atau interaksi tertinggi dibanding para pemain itu, yaitu sebesar 11%.

Bintang media sosial besar masa depan adalah Gavi dari Spanyol, yang pengikutnya melonjak lebih dari 5000% menjadi 6,2 juta. Postingannya memiliki tingkat keterlibatan hampir 30%.

Raphinha dan Antony dari Brasil berada di urutan kedua dan ketiga dalam daftar pemain yang mengalami terobosan besar jumlah pengikut, setelah musim panas lalu mereka pindah ke Barcelona dan Manchester United.

Sementara itu, Prancis kemungkinan akan menjadi tim paling berpengaruh di media sosial pada Piala Dunia 2022, dengan 11,7 juta pengikut di halaman resmi mereka.

Jumlah ini mengungguli Brasil dan Portugal, yang masing-masing memiliki 11,3 juta dan 10,3 juta pengikut. Khususnya, 86% pengikut Portugal tinggal di luar negara Eropa.

Inggris berada di urutan keempat dengan 8,5 juta pengikut. Dari pemain mereka, pemain sayap Sancho adalah yang paling berpengaruh

Sancho memiliki 8,9 juta pengikut yang meningkat 21% selama setahun terakhir dan tingkat keterlibatan yang sehat di angka 8% di postingan.

Beberapa pemain muda Inggris yang mengalami terobosan penting di media sosial, termasuk Jack Grealish yang kini memiliki lebih dari lima juta pengikut, dan Aaron Ramsdale, yang pengikutnya telah meledak dengan luar biasa 920% selama 12 bulan terakhir setelah bergabung dengan Arsenal. (BBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.