Minggu, 26 Juni 22

Piala Dunia 2018: Kiper Termuda Nigeria Ukir Sejarah

Piala Dunia 2018: Kiper Termuda Nigeria Ukir Sejarah
* Francis Uzoho

Asa Nigeria untuk lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018 tetap terbuka setelah sukses memetik kemenangan 2-0 atas Islandia di Volgograd Arena, Jumat (22/6) kemarin.

Francis Uzoho menjadi kiper termuda kedua dalam sejarah Piala Dunia yang mampu membukukan clean sheet.

Ahmed Musa memang menjadi bintang dengan memborong dua gol kemenangan pasukan Super Eagles, namun ada satu nama lagi yang mencuri perhatian dalam hasil positif wakil Afrika tersebut.

Penjaga gawang belia Nigeria, Francis Uzoho menjadi sorotan karena mampu mengawal gawang timnya dengan sangat baik selama 90 menit pertandingan di usianya yang baru menginjak 19 tahun dan 237 hari.

Catatan clean sheet saat berjumpa Islandia menjadikan Uzoho menjadi kiper termuda kedua dalam sejarah Piala Dunia yang mampu mempertahankan gawangnya dari gempuran para pemain lawan dalam sebuah laga.

Tertulis di buku sejarah Piala Dunia, pencapaian pemain milik Deportivo La Coruna tersebut hanya kalah dari rekor yang pernah dicatatkan kiper muda Korea Utara, Li Chan-myong (19 tahun 198 hari) saat menang 1-0 atas Italia dalam turnamen edisi 1966.

“Saya tahu apa yang diharapkan masyarakat Nigeria dari kiper tim mereka. Saya hanya mencoba untuk tidak memikirkan mereka, jadi itu tidak membebani saya,” ujar Uzoho selepas pertandingan kepada Daily Post Nigeria soal posisi vitalnya di tim inti.

Uzoho, yang baru memiliki tujuh caps internasional, menjadi kiper utama Nigeria di Piala Dunia tahun ini menggantikan posisi Carl Ikeme yang harus menjalani proses penyembuhan leukimia. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.