Senin, 4 Juli 22

Piala Bergilir Lomba Peleton Tangkas Seberangi Maluku

Piala Bergilir Lomba Peleton Tangkas Seberangi Maluku
* Kontingen Kodam XVI/Pattimura berhasil memperoleh total nilai tertinggi pada lomba Peleton tangkas periode II tahun 2016 yang digelar 24 - 1 Desember 2016 di Cipatat, Jawa Barat.

Jakarta, Obsessionnews.com – Kontingen Kodam XVI/Pattimura berhasil membawa pulang piala bergilir lomba peleton tangkas ke Maluku.

Mereka berhasil memperoleh total nilai tertinggi pada lomba Peleton tangkas periode II tahun 2016 yang digelar 24 – 1 Desember 2016 di Cipatat, Jawa Barat.

Sebelumnya, juara umum lomba 2016 lalu diraih oleh Divisi Infanteri-2/Kostrad.

Keterangan resmi Dispenad yang diterima Obsessionnews.com, Kamis (1/12/2016) menyebutkan, kali ini Kodam XVI/Pattimura diwakili oleh Batalyon Infanteri Raider 733/Masariku.

Pasukan elite Kodam XVI/Pattimura ini kokoh di puncak klasemen akhir dengan nilai 120 setelah memperoleh tambahan nilai 12 dari materi lomba How To fine the Fighter (HTF) dan 10 nilai dari materi lomba tembak senapan.

Hasil dari kedua materi lomba tersebut, di mana sebelumnya klasemen umum tiga besar sementara secara berturut-turut diduduki oleh Kodam XVI/Pattimura di posisi pertama. Posisi kedua diikuti Kodam VII/Wirabuana dan di posisi ketiga diisi oleh Kontingen Divisi 1 Kostrad.

Ini terjadi pergeseran posisi klasemen umum akhir lomba. Berarti tiga besar klasemen akhir lomba peleton tangkas periode II tahun 2016 berturut-turut ditempati oleh Kodam XVI/Pattimura dengan 120 poin.

Disusul Kodam III/Siliwangi ditempat kedua dengan total nilai 110 dan Kontingen Divisi Infanteri-1/Kostrad berada di posisi ketiga dengan total nilai 108.

lomba-peleton-tangkas

Sementara dari dua materi terakhir lomba yaitu HTF dan menembak Kontingen Peleton tangkas Divif-1/Kostrad menjadi yang tercepat.

Mereka memperoleh waktu tempuh dalam materi lomba HTF, dengan catatan waktu rata-rata 1 jam 35 menit 43 detik.

Sedangkan, Kontingen Kodam III/Siliwangi meraih posisi kedua dengan catatan waktu rata-rata 1 jam 41 menit 45 detik.

Posisi ketiga diraih oleh Kontingen dari Kodam II/Sriwijaya dengan catatan waktu 1 jam 43 menit 01 detik Hasil ini diperoleh setelah mengalahkan 14 kontingen lainnya dengan penilaian waktu tempuh dari peserta pertama dan peserta terakhir yang masuk garis finish dan diambil rata-rata waktu, dimana setelah pengurangan nilai dari masing-masing rintangan dan sepanjang route lomba maupun perlengkapan perorangan.

Sebagai juara materi HTF, Kontingen Divisi Infanteri 1 Kostrad mendapatkan tambahan nilai 24, Kontingen Kodam III/Siliwangi mendapatkan tambahan nilai 21 dan kontingen dari Kodam II/Sriwijaya mendapatkan tambahan nilai 18.

Pada materi lomba tembak senapan jarak 100 meter dengan tiga posisi tembak, Kontingen Kodam III/Siliwangi berhasil menempati posisi teratas dengan total nilai 6276, 125. Posisi kedua diraih Kontingen Kodam Jaya dengan perolehan nilai 6255,120 dan tempat ketiga diperoleh oleh Kontingen dari Kodam XVII/Cendrawasih dengan pencapaian nilai 6236,080.

Hasil rekapitulasi nilai akhir lomba dari 8 materi yang dipertandingkan yaitu renang militer, lari 3.200 meter, ilmu medan (teori dan praktek), lintas medan, menembak pistol, menembak senapan, HTF dan Permildas (Baris berbaris) nilai tertinggi diraih oleh kontingen dari Kodam XVI/Pattimura. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.