Kamis, 23 September 21

Petugas BPBD Siap Siaga Hadapi Cuaca Ekstrim

Petugas BPBD Siap Siaga Hadapi Cuaca Ekstrim
* Akses transportasi Padang-Solok, Sumbar Rabu malam terputus akibat longsor

Padang, Obsessionnews – Banjir dan longsor mengancam selama musim penghujan yang diperkirakan berlangsung hingga akhir November 2015. Selama cuaca ekstrim berlangsung, warga diminta untuk tetap waspada.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara mengatakan, kewaspadaan perlu untuk menghindari korban jiwa apabila terjadi longsor dan banjir akibat hujan.

“Intensitas hujan yang mengguyur Sumbar saat ini, warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan akan bahaya banjir dan longsor,” kata Pagar Negara, Kamis (12/11).

Pagar Negara mengatakan, pihaknya fokus penanganan bencana kepada beberapa daerah di Sumbar yang sering menjadi langganan banjir dan longsor, seiring intensitas hujan yang mulai tinggi.

“Kita lebih fokuskan kepada beberapa daerah seperti Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok Selatan, dan Padang,” ujar Pagar Negara.

Pagar Negara mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan personil di seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar untuk mengantisipasi bencana yang datang sewaktu-waktu.

“Masing-masing Kabupaten/Kota sudah punya team reaksi cepat dan keluarga siaga bencana. Bahkan tim ini sudah ada di kelurahan dan nagari yang ada di 19 Kabupaten/Kota di Sumbar,” paparnya.

longsor sitinjau lauik

Bentuk kesiapasiagakan BPBD juga dengan menyiagakan peralatan kebencanaan di titik rawan seperti, perahu karet, tenda, kendaraan dapur lapangan, kendaraan serbaguna, rescue, pemotong kayu, light tower, dan berbagai macam peralatan kebencnaan lainnya.

“Hampir semua Kabupaten/Kota telah memiliki peralatan ini. Sehingga ketika ada bencana bisa dilakukan tindakan cepat,” ujar Pagar Negara.

Ia meminta kepada kepada pengguna kendaraan roda empat dan roda dua untuk berhati-hati dan waspada ketika melewati Sitinjau Lauik, Lembah Anai dan Sicincin – Malalak. Bila perlu tidak memaksakan diri melewati kawasan itu ketika hujan turun.

“Kawasan ini rawan longsor di saat hujan mengguyur,” kata Pagar Negara.

Sementara itu berdasarkan prediksi BMKG Ketaping, Padang Pariaman secara umum cuaca Sumbar cerah berawan dari pagi hingga siang, sementara potensi hujan ringan hingga lebat berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari.

Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Padang Pariaman, Budi Iman Samiaji mengatakan, potensi hujan sedang hingga lebat berpeluang terjadi di Mentawai.

Sementara untuk potensi hujan ringan hingga sedang bisa disertai petir di Padang, Kota Pariaman, Padang Pariaman, Padang Panjang, Tanah Datar, Pesisir Selatan, Sawahlunto, Payakumbuh, Solok Selatan, Sijunjung, Dhamasraya dan Lima Puluh Kota.

“Potensi hujan sedang hingga lebat juga berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Solok, Kota Solok, Agam Dataran Tinggi, Maninjau, Mentawai, dan Pasaman,” kata Budi. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.