Sabtu, 16 Oktober 21

Petugas Bandara Gagalkan Modus Penyelundupan Iguana Biru

Petugas Bandara Gagalkan Modus Penyelundupan Iguana Biru
* Iguana Biru berhasil diamankan dari penyelundupan modus paket di bandara. (Foto: Hms Barantan).

Sentani, Obsessionnews – Dua ekor bayi Iguana biru diserahterimakan dari ekspedisi Padjajaran Global Service kepada Karantina Pertanian Jayapura Wilayah Kerja Bandara Sentani. Iguana tersebut belum dilaporkan kepada pejabat Karantina Pertanian Jayapura.

Bayi-bayi Iguana biru tersebut dibungkus dalam paket karton tujuan Sorong Timur, tertulis keterangan paket yakni aksesoris. Modus penyelundupan tersebut digagalkan oleh keamanan bandara saat pemindaian barang menggunakan sinar X-ray.

“Upaya penyelundupan satwa dengan berbagai modus sering terjadi di Bandara Sentani. Namun, berkat kerja sama dan koordinasi yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan di lingkungan bandara, upaya tersebut berhasil digagalkan,” ucap Haris Prayitno selaku Subkoordinator Substansi Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Jayapura, Kamis (11/02/21).

Haris menjelaskan bahwa Iguana tergolong hewan jenis asing invasif (Invasive Alien Species) yang berasal dari Amerika Latin. Coraknya yang eksotik menjadi daya tarik banyak pehobi reptil eksotik di Indonesia.

IAS tersebut akan diserahterimakan ke Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) untuk diproses lebih lanjut. Tentunya setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan karantina. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.