Kamis, 25 April 24

Petr Cech Persembahkan Tiga Gelar Untuk Arsenal

Petr Cech Persembahkan Tiga Gelar Untuk Arsenal

London – Tidak sia-sia Arsenal menggelontorkan dana sebesar 10 juta poundsterling (Rp 210 miliar) untuk menggaet Petr Cech dari Chelsea pada musim 2015-2016. Saat ini kiper veteran 33 tahun asal Republik Ceska ini tampil impresif dalam tiga laga yang berujung gelar juara untuk The Gunners. (Baca: Petr Cech Berat Tinggalkan Chelsea)

ad_177007856

Sejak bergabung, Cech tercatat sudah memainkan tiga pertandingan untuk Arsenal. Hebatnya, Arsenal selalu sukses merebut gelar juara saat Cech turun di bawah mistar. (Baca: Chelsea Izinkan Peter Cech Angkat Kaki)

Pertama ketika menjuarai Barclays Asia Trophy di Singapura ketika Arsenal menang 3-1 atas Everton. Yang kedua saat The Gunners menang 1-0 atas Vfl Wolfsburg di ajang Emirates Cup. Teranyar, Cech membantu Arsenal menaklukkan bekas klubnya, Chelsea dengan skor tips 1-0 dan jadi kampiun Community Shield. (Baca: Chelsea Cuekin Jika Kiper Cech Pindah ke Arsenal)

Statistiknya dalam tiga laga tersebut pun cukup impresif di mana Cech sukses mempertahankan gawangnya tidak kebobolan alias clean sheet di dua laga. Khusus di laga kontra Chelsea di Stadion Wembley, London, Minggu (2/8/2015) malam WIB, Cech juga berkontribusi besar ketika melakukan dua penyelamatan gemilang.

Performa impresif Cech kontan menuai pujian dari pelatih Arsene Wenger. Pria Prancis tersebut menilai, kehadiran Cech di bawah mistar menjadi keuntungan besar buat Arsenal.

“Dia (Cech) tampil dengan baik. Mungkin punya pengaruh terhadap pemain Chelsea karena mereka berpikir, mereka harus melakukan dengan sempurna untuk mencetak gol (ke gawang Cech),” ujar Wenger.

“Ketika Anda berpikir seperti ini, terkadang Anda mencoba terlalu keras. Itu terjadi pada Eden Hazard ketika dia mendapatkan peluang di kotak penalti,” lanjut Wenger.

petr-cech

Dengan penampilan impresifnya sepanjang pramusim, Cech sepertinya tidak akan tergoyahkan sebagai kiper nomor satu Arsenal di kompetisi musim 2015–2016.

Arsenal mengontrak Cech selama empat tahun. Sebenarnya Cech berat hati meninggalkan The Blues yang telah dibelanya selama 11 tahun. Namun, karena ingin bermain reguler sebagai kiper utama, Cech terpaksa angkat kaki dari Stamford Bridge. Dia bergabung bersama Chelsea pada 2004. Sebelumnya Cech memperkuat Rennes pada 2004. 11 musim berada di Stamford Bridge. Bersama Chelsea, ia sukses mempersembahkan 15 gelar, termasuk trofi Liga Champions pada musim 2011-12.

Keputusan Cech angkat kaki dari Chelsea karena ia kalah bersaing dengan Thibaut Courtois. Pelatih Chelsea Jose Mourinho memilih Courtois sebagai kiper utama sejak musim 2014-2015. Sebelumnya Courtois dipinjamkan ke Atletico Madrid. Courtois berhasil membawa klub itu menjadi juara Liga Spanyol tahun 2014 dan runner up Liga Champions tahun 2014. Dan kedatangan kembali Courtois di Chelsea tak sia-sia, di mana dia ikut andil mengantarkan Chelsea menjadi jawara Liga Inggris musim 2014-2015.
(ant/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.