Minggu, 17 Oktober 21

Petr Cech Berat Tinggalkan Chelsea

Petr Cech Berat Tinggalkan Chelsea
* Petr Cech

Jakarta – Petr Cech resmi meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan Arsenal, rival berat Chelsea, pada musim 2015-2016. Arsenal merekrut penjaga gawang ini dengan mahar transfer senilai 10 juta pound atau Rp 209,4 miliar dengan ikatan kontrak selama empat tahun. (Baca: Chelsea Izinkan Peter Cech Angkat Kaki)

Sebenarnya Cech berat hati meninggalkan The Blues yang telah dibelanya selama 11 tahun. Namun, karena ingin bermain reguler sebagai kiper utama, Cech terpaksa angkat kaki dari Stamford Bridge. (Baca: Chelsea Cuekin Jika Kiper Cech Pindah ke Arsenal)

Menurut catatan BBC Sport, Cech melakukan aksi penyelamatan mencapai 78 persen selama tiga musim di Premier League. Kiper berkebangsaan Republik Ceko tersebut mencetak 228 clean sheets. Dia bergabung bersama Chelsea pada 2004. Sebelumnya Cech memperkuat Rennes pada 2004. 11 musim berada di Stamford Bridge. Bersama Chelsea, ia sukses mempersembahkan 15 gelar, termasuk trofi Liga Champions pada musim 2011-12.

Keputasan Cech angkat kaki dari Chelsea karena ia kalah bersaing dengan Thibaut Courtois. Pelatih Chelsea Jose Mourinho memilih Courtois sebagai kiper utama sejak musim 2014-2015. Sebelumnya Courtois dipinjamkan ke Atletico Madrid. Courtois berhasil membawa klub itu menjadi juara Liga Spanyol tahun 2014 dan runner up Liga Champions tahun 2014. Dan kedatangan kembali Courtois di Chelsea tak sia-sia, di mana dia ikut andil mengantarkan Chelsea menjadi jawara Liga Inggris musim 2014-2015.

Kehadiran Courtois memang membuat Cech gerah, karena dia cuma menjadi kiper cadangan. Karena itu dia memutuskan pindah ke Arsenal yang akan memberinya kesempatan bermain secara reguler. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.