Jumat, 21 Februari 20

Peserta Pemilu Punya 3 Hari Ajukan Gugatan Perolehan Suara

Peserta Pemilu Punya 3 Hari Ajukan Gugatan Perolehan Suara
* Hasil Hitung Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 tingkat nasional. (Foto: Web kpu.go.id)

Jakarta, Obsessionnews.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menjadwalkan untuk menuntaskan rekapitulasi untuk Papua, Sumatra Utara, Maluku, dan Riau dalam penghitungan hasil suara Pilpres 2019. Selain itu, KPU juga akan memutus hasil rekapitulasi suara Dapil Jakarta 2 yang terhambat karena pemungutan suara ulang di PPLN Kuala Lumpur.

Jika semua provinsi telah direkapitulasi hari ini, maka KPU akan menetapkan hasil rekapitulasi. Lalu ada waktu tiga hari bagi peserta pemilu yang tidak puas atas keputusan tersebut untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau hari ini yang diumumkan itu hasil perolehan suaranya yang ditetapkan. Setelah hasil perolehan suara, kita tunggu dalam tiga hari ke depan setelah ditetapkan apakah ada sengketa di MK atau tidak. Kalau tidak ada baru kemudian ditetapkan calon terpilih siapa,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Hingga saat ini, KPU telah merekapitulasi tingkat nasional 30 dari 34 provinsi. Untuk sementara, pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin unggul dengan perolehan 77.817.532 atau setara dengan 55,56 persen suara sah. Sementara pasangan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto –Sandiaga Uno tercatat mendapatkan 62.249.320 suara atau 44,44 persen dari total suara sah.

Sementara itu, di pemilihan legislatif, PDI Perjuangan untuk sementara menempati posisi teratas dengan raihan 23.079.354 suara atau 19,47 persen suara sah. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.