Sabtu, 20 April 24

Pesawat Tempur Rusia ‘Menempel’ Pesawat Mata-mata AS Sejarak 1,5 Meter

Pesawat Tempur Rusia ‘Menempel’ Pesawat Mata-mata AS Sejarak 1,5 Meter
* Pesawat tempur SU-27 digunakan terutama untuk sistem pertahanan udara jarak jauh. (BBC)

Sebuah jet tempur Rusia terbang sangat dekat dengan sebuah pesawat mata-mata Amerika di angkasa Laut Hitam.

Seperti dilansir BBC, Selasa (30/1), jarak antara pesawat tempur Rusia, SU-27 dan pesawat mata-mata AS, EP-3 hanya 1,5 m.

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa pesawat Rusia itu menempel pesawat AS selama lebih dari dua jam. Insiden tersebut terjadi di wilayah udara internasional.

Kementerian pertahanan Rusia beralasan, tindakan pesawat mereka sesuai dengan ketentuan intrnasional tentang penggunaan wilayah udara.

Angkatan bersenjata Rusia dan aliansi NATO beroperasi di wilayah udara bersama, meskipun ketegangan meningkat sejak Rusia mencaplok Krimea pada tahun 2014.

Dalam sebuah pernyataan, Angkatan Laut AS mengatakan jet tempur Rusia itu langsung melintas ke jalur penerbangan pesawat mata-mata Amerika.

Mereka menyatakan bahwa ‘Rusia memiliki hak untuk terbang di wilayah udara internasional, tapi mereka harus berperilaku sesuai standar internasional yang disusun untuk menjamin keselamatan dan mencegah kecelakaan.”

Di sisi lain, kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa jalur penerbangan pesawatnya “sesuai dengan ketentuan internasional tentang penggunaan wilayah udara”.

Dikatakan bahwa perilaku pilot mereka sama sekali tidak ‘di luar standar’ dan bahwa tindakan mereka merupakan upaya untuk ‘mencegah (pesawat AS) agar tidak melanggar wilayah udara Federasi Rusia”.

Pemerintah Rusia mengatakan begitu pesawat AS menjauh dari perbatasan, jet mereka langsung kembali ke pangkalan. (bbc.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.