Rabu, 24 April 24

Pesawat Aviastar Dilarang Terbang

Pesawat Aviastar Dilarang Terbang
* Ilustrasi pesawat Twin Otter.

Jakarta, Obsessionnews – Semua pesawat Aviastar jenis DHC6-300 Twin Otter dilarang terbang untuk sementara, karena akan diperiksa kelayakannya. Dalam jangka waktu pertama akan dilarang selama satu minggu untuk diperiksa kelaikannya. (Baca: Pesawat Avia Star Rute Masamba-Makassar Hilang Kontak)

“Untuk langkah selanjutnya, kami tidak mengizinkan pesawat sejenis DHC6-300 Twin Otter beroperasi karena akan diperiksan kelaikannya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Dia mengatakan hal itu merupakan instruksi dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, bahwa apabila pemeriksaam maskapai pemilik pesawat jenis DHC6-300 belum selesai, maka tidak ada penerbangan yang boleh beroperasi.

“Kita lakukan pemeriksaan dan pengecekan menyeluruh sesuai dengan instruksi Pak Menteri Perhubungan, tidak boleh terbang sebelum dinyatakan layak beroperasi,” katanya.

Dia menambahkan apabila dalam pemeriksaam tersebut ditemukan aspek yang kurang memenuhi faktor keselamatan, maka maskapai tersebut akan diberikan sanksi sesuai undang-undang.

“Untuk Aviastar kita cek bukan hanya Twin Otter, Aviastar punya pesawat jenis BAE146 ada tiga,” katanya.

Seperti diketahui, pesawat jenis Twin Otter DHC6 milik maskapai penerbangan Aviastar dengan rute penerbangan Masamba-Makasar mengalami hilang kontak, Jumat (2/10) sore. Pesawat yang diawaki Pilot Capt. Roy Iriafiradi dengan Kopilot Yudhistira Febby membawa tujuh penumpang yang terdiri dari empat orang dewasa, satu anak-anak dan dua bayi.

Pesawat itu hilang kontak 11 menit setelah take off dari Bandara Andi Djema Masamba, Sulawesi Selatan pada pukul 14.25 WITA. Sebelum hilang kontak, pesawat dengan kapasitas 19 orang itu sempat dua kali memberikan kabar posisi pesawat. (ant/mtvn)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.