Rabu, 16 Oktober 19

Pesan SBY Supaya Jokowi Ajak Koalisi Merah Putih

Pesan SBY Supaya Jokowi Ajak Koalisi Merah Putih

Singapura – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak lama lagi akan meninggalkan jabatannya, sebab itu SBY berperan kepada penerusnya supaya tetap menjaga dinamika politik yang harmonis. Jokowi disarankann supaya merangkul koalisi merah putih pengusung Prabowo-Hatta dalam menata pemerintahan ke depan.

“Saya yakini pak Jokowi cs sudah siap penuhi janji-janjinya dan bagus lagi diajaklah yang lain itu mulia, itu bijak, dan itu jadi harapan rakyat Indonesia,” ujar SBY saat menggelar jumpa pers penutupan kunjungannya di Hotel Shangri-La, Singapura, Kamis (4/9/2014).

Jika Jokowi mampu membangun konsialiasi dengan kubu Prabowo maka hal, itu akan mudah baginya merealisasikan visi misinya. “Meskipun punya keinginan kuat untuk menjalankan kebijakan a b c d, belum tentu mulus karena DPR keras, pressure dari kekuatan politik di luar parlemen juga keras. Itulah politik, itulah riil politik,” lanjut SBY.

Jokowi patut memperhitungkan kekuatan koalisi merah putih, mengingat pada Pilpres lalu perolehan suara Prabowo dan pasangannya tidak terlalu berbeda jauh dengan Jokowi-JK. “Kalau terjadi konsiliasi ada saling menyapa tidak ada kata-kata the winners takes all,  maka akan teduh politik ini akan damai poltiik ini,” katanya.

SBY mengaku siap jika diminta berbagi pengalaman dengan Jokowi. Dengan pengalaman selama dua periode memimpin Indonesia bisa menularkan hal positif agar bisa dipertimbangkan Jokowi.

“Saya yakin beliau sudah menyiapkan diri dengan baik pembantu-pembantu beliau di kabinet, saya yakin juga bisa emban tugas dengan baik. Kalau diminta orang seperti saya bisa membantu beri pandangan paling tidak berbagi pengalaman agar beliau sukses agar pemerintah mendatang berhasil,” tutup SBY. (Has)

 

Related posts