Senin, 18 Januari 21

Pesan Menkop: Jangan Jadi Wirausaha Kapitalis

Pesan Menkop: Jangan Jadi Wirausaha Kapitalis
* Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, saat membuka acara Pengembangan Potensi Koperasi dan UMKM dalam rangka Peningkatan Perekonomian Daerah, sekaligus GKN Award 2018 di Kuningan, Jabar. (Foto: dok Kemenkop dan UKM).

Kuningan, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga berpesan pada wirausaha pemula (WP) untuk menjadi pengusaha yang memberikan benefit (manfaat) pada masyarakat, bukan menjadi wirausaha kapitalis yang hanya memberikan manfaat untuk diri sendiri.

“Kita memang menggenjot rasio wirausaha yang di akhir 2016 rasio kewirausahaan Indonesia sudah 3,01 persen atau naik dibanding 2014 yang masih 1,65 persen. Namun demikian pesen saya, jadilah social entrepreneur, atau wirausaha yang memberi benefit pada masyarakat sekitar, bukan hanya sekedar mencari keuntungan sendiri atau kapitalis,” pesan Puspayoga melalui siaran pers, Sabtu (3/11/2018).

Menkop dan UKM memberi gambaran, pengusaha olahan tomat atau cabe yang harga jualnya cenderung stabil. Pengusaha tersebut bisa memberi manfaat pada petani pemasok cabe dan tomat. Caranya dengan memproteksi harga minimum, bila sewaktu-waktu harga kedua komoditi itu jatuh. 

“Jadi pengusaha sudah mendapatkan untung dengan harga jual yang stabil, petani pun tidak rugi bila harga tomat atau cabe lagi jatuh,” jelasnya.

Puspayoga juga menekankan pentingnya Universitas/PT mengarahkan mahasiswa/i untuk menjadi wirausaha, jangan hanya berorentasi menjadi karyawan saja.

“Saya tertarik pada beberapa Universitas yang gencar melakukan kampanye wirausaha karena itu juga saya tertarik ke sini dimana acara ini terkait juga dengan HUT universitas Kuningan ke-12. Sebab bagaimanapun Perguruan Tinggi adalah kunci munculnya wirausaha pemula,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.