Selasa, 14 Juli 20

Pesan KPK ke Jokowi: Komjen Budi Jangan Dilantik!!

Pesan KPK ke Jokowi: Komjen Budi Jangan Dilantik!!

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Presiden Joko Widodo untuk tidak melantik Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri. KPK berpijak pada fungsi-fungsi utama yaitu melakukan penegakan hukum secara baik dan benar, bertanggung jawab, dan profesional.

“Seperti biasanya, untuk seseorang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, KPK akan meminta agar tersangka tersebut tidak dilantik,” ujar Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (14/1/2015).

Bambang mengatakan, siapa pun yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK tidak boleh dilantik sebagai pejabat negara, sekalipun orang tersebut sudah mendapat persetujuan dari DPR. Atas desakan itu KPK akan segera mengirimkan surat resmi ke Presiden Jokowi.

“Artinya, jika seseorang tersangka maka KPK konsisten dengan sikap,” katanya.

Dalam kasus sebelumnya, KPK telah meminta pembatalan pelantikan Hambit Bintih sebagai Bupati Gunung Mas Kalimantan Tengah karena terjerat kasus suap penanganan pilkada di Mahkamah Konstitusi. Begitu pula, rekomendasi KPK untuk menolak pelantikan dua anggota DPR periode 2014-2019 lantaran sudah ditetapkan sebagai tersangka korupsi.

“KPK sesuai dengan sikap yang selama ini sudah diberikannya maka harus konsisten. Meminta untuk tidak dilakukan pelantikan. Dan, itu sikap yang biasa sudah dilakukan KPK selama ini,” lanjut Bambang.

Komisi III DPR menyetujui Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Kepala Polri. Keputusan itu diambil secara aklamasi setelah Komisi III melakukan proses uji kelayakan dan kepatutan atas calon tunggal kepala Polri yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi tersebut. (Has)

Related posts