Sabtu, 28 Mei 22

Pesan Jokowi ke Tito: Jaga Kekompakan Polri!

Pesan Jokowi ke Tito: Jaga Kekompakan Polri!

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi meminta kepada Kapolri yang baru dilantik untuk berfokus pada soliditas internal dan reformasi Polri secara menyeluruh. Menurutnya, hanya dengan kekompakan, Polri akan memiliki fondasi yang kokoh dan kuat dalam menjalankan tugas negara.

Pesan itu disampaikan Presiden Jokowi saat melantik Komisaris Jenderal Polisi M. Tito Karnavian sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara, Rabu (13/7/2016).

“Saya minta Saudara untuk fokus pada dua hal. Pertama, jaga persatuan, kekompakan, soliditas internal Polri. Kedua, lakukan reformasi Polri secara menyeluruh dan konsisten,” pesannya.

Terkait dengan reformasi Polri, Presiden Jokowi kembali mengingatkan bahwa dirinya menginginkan reformasi Polri dilakukan secara konkret dan terlihat nyata dalam wajah pelayanan Polri kepada masyarakat. Kualitas pelayanan yang diberikan Polri kepada masyarakat menjadi hal yang pertama kali diminta Presiden Jokowi untuk lebih ditingkatkan.

“Perbaiki kualitas pelayanan pada masyarakat sehingga lebih mudah, sederhana, tidak berbelit-belit, bebas pungli, dan dengan prosedur yang jelas,” ucap Presiden.

Lebih lanjut, permasalahan penegakan hukum yang terjadi di Indonesia juga diminta untuk dihilangkan oleh Presiden Jokowi. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat Indonesia mendapatkan keadilan dan kepastian hukum yang sama.

“Berantas dengan tegas praktek-praktek mafia hukum, makelar kasus di kepolisian. Perkuat profesionalisme dalam penegakan hukum sehingga dapat menjamin kepastian hukum dan memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat. Beri pengayoman dan perlindungan yang setara kepada semua warga bangsa yang beragam. Polri harus mampu menjadi perekat kebhinnekaan, penjaga toleransi, serta memperkuat persatuan Indonesia,” tegasnya.

Selain itu, Presiden juga menginstruksikan kepada jajaran Polri agar bersinergi dengan institusi pemerintah yang lain sehingga mampu mencegah dan mendeteksi dini setiap potensi kerawanan yang ada, utamanya ancaman terorisme dan narkoba. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.