Selasa, 20 Oktober 20

Pesan Jokowi ke Pedagang: Sebaiknya Hindari Rentenir

Pesan Jokowi ke Pedagang: Sebaiknya Hindari Rentenir

Purwokerto, Obsessionnews – Presiden Jokowi meminta pedagang Pasar Manis Purwokerto untuk sebaiknya mengakses modal usaha melalui kredit usaha rayat (KUR) di bank pemerintah. Akses modal melalui rentenir justru menurut presiden akan memberatkan pedagang.

Bank pemerintah dimaksud ada Bank Mandiri, BRI dan BNI. Ketiga bank ini ditambah dengan beberapa bank swasta bisa memberikan bunga kredit yang ringan kepada pedagang yakni hanya 9 persen pertahun.

“Jadi sebulan itu tidak ada 1 persen, hanya 9 persen setahun. Jangan kalau pinjam ke rentenir, masih ada gak kalau pinjam kerentenir,” kata Jokowi saat meresmikan Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (4/5/2016).

Presiden Jokowi mengingatkan betapa pentingnya fungsi pasar ini kepada masyarakat. Setelah diresmikan, Presiden berpesan agar pedagang dan pengelola pasar ini rutin memeliharanya dengan cara menjaga kebersihan.

“Ini saya titip pasar ini sekarang sudah menjadi pasar yang bersih, dijaga jangan sampai ada yang namanya sampah. Yang kedua dijaga, kalau pagi-pagi bareng-barenglah dipel atau dari pengelola pasar juga ngepel dengan bersih,” ujar Jokowi.

Agar bisa bersaing dengan mall dan supermarket, Presiden Jokowi meminta para pedagang untuk melayani pembeli dengan ramah dan murah senyum. Dalam kesempatan itu Presiden juga membagikan celemek kepada pedagang.

“Mestinya daganganya bisa lebih bersaing tapi kalau tidak ditata dengan baik melayani juga tidak dengan senyuman, dengan baik ya kalah,” pungkasnya.

Presiden Jokowi meresmikan Pasar Manis Purwokerto setelah dibangun dengan menghabiskan anggaran Rp 9 miliar. Ini merupakan bagian program revitalisasi 1000 pasar setiap tahun atau 5000 pasar selama 5 tahun.

“Setelah ini, ini digeser ke sana depan persis, tepat, enak untuk pembeli, parkir longgar, saya kira itu yang bisa saya sampaikan,” ucap Jokowi dalam sambutan penutupnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.