Minggu, 16 Juni 19

Pesan Jokowi ke GoJek Setelah Jadi Decacorn

Pesan Jokowi ke GoJek Setelah Jadi Decacorn
* Presiden Jokowi berbicara dengan CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, dan perwakilan Go-Viet saat menghadiri peluncuran Go-Viet di Hotel Melia, Hanoi, Vietnam, Rabu, 12 September 2018. (Foto: Biro Pers Setpres)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik pencapaian GoJek Indonesia menjadi perusahaan startup pertama yang masuk ke level ‘Decacorn’. Menurut Jokowi, Gojek tidak bisa bisa berkembang tanpa dukungan dari jutaan mitra UMKM, mitra pengemudi, pekerja di belakang produksi usaha UMKM. 

“Saya ingin ucapkan selamat terlebih dulu kepada GoJek yang menurut CB Inside telah menjadi Decacorn pertama di Indonesia. Dengan valuasi lebih dari 10 miliar dolar AS,” ujar Jokowi saat menghadiri acara Mitra Juara GoJek 2019 di Ecovention Park, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (11/4/2019).

Jokowi berharap GoJek dan perusahaan startup Indonesia lainnya bisa terus berkembang dan merambah kancah dunia. Sebab Jokowi mengatakan ekonomi digital ke depan akan sangat memberikan harapan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di tahun 2018 saja, ‘kue’ ekonomi digital mencapai angka 27 miliar dollar AS.

“Sebuah angka yang sangat besar. Dan kita lihat bagaimana ekonomi digital ciptakan peluang bagi UMKM di negara kita untuk berkembang dan ini disambungkan antara ekosistem offline dan online,” kata Jokowi.

Tidak hanya Go-Jek, ada startup Wahyoo yang telah menyambungkan lebih dari 5.000 warteg (warung tegal) dengan bahan baku dan akses permodalan. Lalu juga startup Halosis yang membantu 3.000 UMKM yang mayoritas ibu rumah tangga (IRT) berjualan online dan dibantuk virtual assistant dan didukung artificial intellegence.

Dalam kesempatan ini Jokowi juga mengapresiasi perusahaan startup baru yang berhasil meraih penghargaan dari GoJek Indonesia. Perusahaan tersebut yakni Wahyoo, Halosia dan Du’Anyam. Dia menyebut perusahaan startup baru itu juga berperan penting dalam menggerakkan ekonomi Indonesia.

“Ini bukti bahwa teknologi digital berikan manfaat. Makanya kita jangan terbelenggu oleh teknologi lama. Itu semua contoh anak muda yang bekerja keras dan kolaborasi teknologi digital dan kreativitas hingga hasilkan valuasi bisnis bernilai puluhan miliar,” jelasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi bertemu dengan para driver ojek online GoJek di Ancol. Pertemuan tersebut berlangsung dalam acara Mitra Juara GoJek 2019 di Ecovention Park, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (11/4/2019) pukul 20.00 WIB. Kehadiran Jokowi disambut antusias oleh para mitra GoJek, dan Founder and CEO Global Gojek Indonesia Nadiem Makarim.

Dalam sambutannya, Nadiem mengatakan acara yang diadakan tersebut untuk mengapresiasi para mitra GoJek. Nadiem menyebut para pemenang Mitra Juara GoJek adalah pahlawan. 

“Gojek hari ini memberikan penghargaan kepada mitra kami pada acara Mitra Juara Gojek 2019. Mereka adalah pahlawan di era industri 4.0,” kata Nadiem. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.