Sabtu, 20 April 24

Peruri Lindungi Peredaran Pupuk Bersubsidi dengan Label Sekuriti

Peruri Lindungi Peredaran Pupuk Bersubsidi dengan Label Sekuriti
* Nota Kesepahaman antara Peruri dan PT Pupuk Kujang pada Kamis, 30 Agustus 2018 yang dilakukan di Kantor Pusat Peruri, Jakarta. Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Dwina S Wijaya, Direktur Utama Peruri dan Nugraha Budi Eka Irianto, Direktur Utama PT Pupuk Kujang.

Jakarta, Obsessionnews.com – Peruri bekerja sama dengan PT Pupuk Kujang berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan kendali terpadu distribusi pupuk bersubsidi dengan cara pemasangan label sekuriti pada karung pupuk bersubsidi.

Komitmen ini ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Peruri dan PT Pupuk Kujang pada Kamis, 30 Agustus 2018 yang dilakukan di Kantor Pusat Peruri, Jakarta. Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Dwina S Wijaya, Direktur Utama Peruri dan Nugraha Budi Eka Irianto, Direktur Utama PT Pupuk Kujang.

Dwina S Wijaya mengatakan, upaya menjaga keamanan pupuk dilakukan mulai dari proses pengisian sampai pengepakan (fill and pack) pada karung pupuk. Namun proses monitoring tidak berhenti sampai di situ saja, akan tetapi proses peredarannya juga harus benar-benar dipantau hingga sampai ke penerima yang berwenang.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PT Pupuk Kujang menggandeng Peruri dalam pemanfaatan teknologi high security printing untuk penyediaan dan pemasangan label sekuriti pada karung pupuk bersubsidi dan sistem real time monitoring kendali terpadu untuk memantau end to end process mulai dari fill & pack, warehouse management, dan fleet management ke distributor dan kios pupuk melalui dashboard online (mobile dan web).

“Para konsumen dapat mengecek keaslian dari pupuk bersubsidi karena adanya kode unik yang diproduksi dari sistem Peruri yang ditanam pada label sekuriti, dokumen, dan atau media lainnya yang menyimpan informasi publik & privat dalam satu kode sebagai fitur pengaman,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/9/2018).

Menurutnya, penggunaan teknologi track and trace ternyata menjadi keuntungan tersendiri bagi Pupuk Kujang dengan adanya cara kontrol yang efektif, metode perbandingan data di sistem dengan yang ada di lapangan hingga keakuratan proses pengiriman.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan karena Pupuk Kujang mempercayai Peruri yang dikenal sebagai perusahaan security printing berkelas dunia sebagai penjamin keaslian produk.

“Ke depannya, rencana penggunaan label sekuriti tidak hanya untuk pupuk bersubsidi tetapi juga seluruh produk Pupuk Kujang dan dapat direplikasi holding company yaitu PT Pupuk Indonesia,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.