Rabu, 12 Agustus 20

Perubahan yang Mengubah

Perubahan yang Mengubah

Oleh: Ustadz Felix Siauw, Pengemban Dakwah

 

Islam itu datang untuk mengubah. Begitupun dengan agama-agama sebelumnya, datang untuk mengubah kedzaliman yang sudah ada, menggantikan dengan keadilan.

Begitu pula rasul-rasul yang ada diutus untuk mengubah kondisi yang ada, dari kejumudan menuju pencerahan, dari keburukan menuju kebaikan hidup dunia dan akhirat.

Artinya, bila kita mengkaji Islam lalu tidak ada yang berubah pada diri kita, artinya ada yang gagal kita instal dalam diri kita. Ada sesuatu yang kurang dari diri kita.

Artinya lagi, bila sudah mengkaji Islam lantas kita tidak tergugah untuk mengubah keadaan yang ada, berarti ada yang salah juga dalam diri kita. Ada yang kurang tepat.

Bisa jadi yang kurang tepat itu ada pada ide Islam yang baru terinstal sebagian saja, tidak secara keseluruhan. Karena bila Islam sempurna dipahami, akan mengubah.

Bukankah kita meneladani Rasulullah? Rasulullah mengubah masyarakat Arab jahiliyyah menjadi umat yang cemerlang pola pikirnya, dan mulia pola sikapnya.

Maka saat kita mempelajari Islam, kita harus mau mengubah diri dan juga mengubah orang lain. Sebab Islam itu bukan yang stagnan, tapi yang menjadikan baik.

Dan ada kalanya saat kita ingin mengubah menjadi yang lebih baik, ada yang tak suka, ada yang menghadang dakwah, itu wajar, sebab Rasul pun begitu.

Yang perlu kita pastikan, jangan sampai kita ditolak sebab rendahnya akhlak. Tapi bila kita ditolak sebab ide Islam yang kita bawa, itu masih bisa diterima.

Seberapa jauhkah Islam mengubah kita menjadi lebih baik? Dan sejauh mana kita mau berusaha mengubah orang lain agar sesuai dengan Islam? Itu istimewanya.

Bila yang Rasul bawa bisa menghasilkan generasi semisal para sahabat, harusnya kalau kita benar-benar mengkaji dan juga mempelajarinya, itu berlaku juga bagi kita.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.