Senin, 18 Oktober 21

Pertinas SWBB I Memperkuat Pendidikan Pramuka Melalui Budaya

Pertinas SWBB I Memperkuat Pendidikan Pramuka Melalui Budaya
* Pembukaan Pertinas SWBB I 2018. (Foto Humas Kwarnas)

Merawang, Obsessionnews.com – Perkemahan Bakti Tingkat Nasional (Pertinas) Saka Widya Bakti Budaya (SWBB) I tahun 2018 dan Lomba Pangkalan Saka tingkat nasional tahun 2018 berlangsung di Bumi Perkemahan Depati Amir, Kepulauan Bangka Belitung, Balun Ijuk, Kecamatan Merawang. Pembukaan kegiatan dipimpinan Saka Widya Bakti tingkat Nasional, Haris Iskandar, Selasa (20/11).

Kegiatan yang berlangsung 19-25 November 2018 ini mengusung tema ‘Berbakti, Berkarakter dan Berkarya’ tujuannya bisa menjadikan Pramuka sebagai generasi yang siap berbakti, berkarakter dan berkarya bagi bangsa dan negara. Pendekatan pendidikan budaya menjadi pola dalam kegiatan akbar Pramuka tingkat penegak dan pandega ini .

Pertinas SWBB I 2018 diikuti oleh 22 kwarda ini dengan total 1.550 peserta dan panitia kegiatan. Selama kegiatan, peserta akan mendapat materi pendalaman krida termasuk pembuatan pilot project beberapa bidang pengabdian masyarakat, life skill, wisata, pentas seni budaya dan lainnya.

“Kita juga tadi pagi sudah melaksanakan nganggung bersama di Desa Kemuje. Alhamdulillah antusias penduduk Kemuje baik ke peserta dan saat pulang peserta dibekali makanan oleh para penduduk Desa Kemuje,” ujar Ketua Sanga Kerja Sinta Ayu Lestari, di lokasi, Rabu (21/11/2018)

Sementara itu, Ketua Panitia Pertinas SWBB I tahun 2018 dari Saka Widya Bakti tingkat nasional, Saptari Noviastri, menyatakan, generasi muda perlu diberikan pemahaman budaya salah satunya lewat Pramuka sebagai institusi pendidikan di luar keluarga dan sekolah.

“Diharap pramuka menjadi pembentuk generasi berkarakter, dan berkualitas. Penguatan pendidikan karakter melalui pertinas Saka Widya Bakti Nasional yang pertama dalam rangka penguatan pemahaman pendidikan kebudayaan berbasis kepramukaan,” tukasnya.

Apapun Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, mengatakan, Pemprov Babel mengucapkan selamat datang kepada peserta dalam kegiatan Pertinas SWBB I 2018. Kegiatan ini diharapkan juga menjadi ajang untuk memperkenalkan potensi Babel seperti potensi pariwisata.

“Semoga kegiatan ini lancar dapat mencapai tujuan yang diinginkan, selain itu dengan kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi kita semua,” kata Erzaldi.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, diwakili Wakil Ketua Bidang Bina Muda, Susi Yulianty yang hadir di acara itu mengatakan, kegiatan Pertinas SWBB I tahun 2018 salah satu kegiatan prioritas bidang bina muda untuk mengaplikasikan pengabdian di bidang masyarakat. Kegiatan ini merupakan perkemahan bakti yang pertama kali diadakan sejak Saka Widya Bakti diresmikan tahun 2013.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan dapat dilaksanakan secara rutin baik di tingkat nasional maupun tingkat daerah,” katanya.

“Selamat kalian adik-adik peserta terpilih sebagai peserta, tidak semua pramuka berkesempatan ikut kegiatan ini. Semoga kalian semua bisa menjadi contoh teman-teman lain baik dari segi sikap dan pengetahuan lain dan menjadi pemimpin bangsa kedepan yang baik dan amanah,” lanjut Susi.

Ketua Pimpinan Saka Widya Bakti tingkat Nasional, Haris Iskandar mengatakan, kegiatan Pertinas SWBB I tahun 2018 maupun final pangkalan saka berprestasi sebagai wadah pembentukan karakter melalui budaya.

Termasuk lewat Gerakan Pramuka dilakukan pendidikan karakter salah satunya melalui Pertinas SWBB I tahun 2018. Diharapkan ini menjadi momentum Gerakan Pramuka untuk menguatkan karakter pramuka penegak dan pandega menjadi agen perubahan bangsa. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.