Senin, 18 Oktober 21

Pertemuan Jokowi-Trump akan Jadi Momen Peningkatan Kerjasama

Hamburg, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi direncanakan akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam pertemuan bilateral yang akan digelar di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7/2017) hari ini.

“Iya hari ini ada rencana presiden (Jokowi) akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Trump,” kata Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi.

Pertemuan antara Jokowi dengan Trump akan menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk duduk bersama membahas peningkatan kerja sama. Walaupun sebelumnya Presiden Jokowi sudah melakukan pembicaraan pertelepon dengan Presiden Trump.

Pertemuan ini baru pertama kali dilakukan dalam konteks bilateral, meskipun pada saat KTT Arab Islam-Amerika di Riyadh, Presiden Jokowi sudah bertemu langsung dengan Presiden Trump.

Ada sejumlah kesepakatan kerjasama akan dibuat bersama antara Presiden Jokowi dan Presiden Trump, di antaranya mengenai counter terorisme dan ekonomi yang lebih luas dan perubahan iklim.

Selain dengan AS, Indonesia juga akan menggelar pertemuan bilateral di antaranya dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg, Presiden Korea Selatan Moon Jae-In, dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Sehari sebelumnya, pertemuan bilateral sudah dilakukan antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, dan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy Brey. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.