Selasa, 28 September 21

Pertamina Jamin Persediaan BBM Saat Mudik Aman

Pertamina Jamin Persediaan BBM Saat Mudik Aman

Bandung, Obsessionnews – PT. Pertamina menjamin persediaan BBM saat mudik Lebaran 1436 H aman. Pernyataan tersebut Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Suhartoko, Selasa (19/5). “Untuk semua jenis BBM persediaan masih aman, baik untuk Ramadhan, arus mudik dan arus balik,” ujarnya.

Suhartoko menjelaskan pada hari-hari biasa penggunaan BBM di seluruh Indonesia mencapai kurang lebih 78 ribu kiloliter/hari dan pada hari raya Idul Fithri biasanya naik 15-20%, jadi pada musim lebaran biasanya penggunaan BBM mencapai 94-100 ribu kiloliter/hari.

Sementara itu PT. Pertamina juga berjanji para pemudik tidak resah karena selama kurun waktu April-Juni 2015 ini tidak ada kenaikan harga BBM bersubsidi.

“April, Mei dan Juni tidak akan ada kenaikan harga BBM terutama untuk BBM subsidi, BBM khusus penugasan serta BBM umum Premium Jamali, sementara pertamax plus dan pertadex akan melakukan koordinasi dengan pemerintah,” ujarnya.

Pertamina juga mengintip harga yang diterapkan pesaingnya seperti Shell dan Petronas, sehingga pihaknya akan menurunkan harga, jika para pesaingnya menurunkan harga. PT. Pertamina juga mengklaim jika kenaikan harga ditetapkan berdasarkan daya beli masyarakat, sehingga BBM penugasan dan BBM subsidi akan ditentukan oleh pemerintah.

spbu - wanita

Sejak adanya Perpres 191 tahun 2014, disebutkan dimana jenis BBM Solar, Premium dan Pertamax untuk di luar Jawa, Madura, dan Bali harganya ditetapkan oleh pemerintah.  Sedangkan untuk jenis premium untuk wilayah Jawa, Madura dan Bali ditetapkan oleh badan usaha. ‎

Demikian juga untuk Bahan Bakar Khusus yang terdiri atas Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Racing, Pertamina Dex, semuanya menjadi kewenangan badan usaha yakni Pertamina. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.