Jumat, 26 April 24

Pertama Digelar, Dialog RW Se-Kabupaten di Indonesia

Pertama Digelar, Dialog RW Se-Kabupaten di Indonesia
* Tanda Pencanangan Dialog Interaktif Brigade RW Kab Subang.

Subang, Obsessionnews – Sebanyak 1.793 ketua RW se-Kabupaten Subang yang tergabung dalam Brigade RW Kabupaten Subang menghadiri Pencanangan Acara Dialog Interaktif Brigade RW Kabupaten Subang. Kegiatan berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gotong Royong, Minggu (19/4/2015). Dialog interaktif difasilitasi oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung.

Program Dialog dengan Brigade RW tingkat kabupaten yang difasilitasi RRI merupakan kegiatan pertama kali di Indonesia. Dalam sambutannya Bupati Subang, Ojang Sohandi mengatakan kegiatan ini sebagai implementasi Program “Gapura Permata”.

Gapura adalah program pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang kepanjangan dari “Gerakan Pembangunan untuk Rakyat Subang”. Permata adalah kepanjangan dari “Pemerintahan yang Bermartabat”. Tujuannya, untuk menciptakan aparatur Pemerintahan Kabupaten Subang yang bermartabat.

Dialog Interaktif adalah bagian dari kegiatan blusukan elektronik atau e-Blusukan dengan media penyiaran guna menjalin komunikasi. Sekaligus menyerap aspirasi dan informasi kemudian dijadikan referensi dalam pembagunan.

“Saya yakin banyak masukan yang berupa ide-ide yang cemerlang dan baik dari para RT, RW dan Kadus hanya mungkin yang terbatas belum menyentuh setiap mereka,” ujar Ojang. Kegiatan ini akan berlangsung setiap hari libur dari pukul 8 sampai pukul 9 malam melakukan komunikasi via telepon.

Kerjasama ini hasil Nota Kesepahaman (MoU) antara Bupati dan Kepala RRI pada HUT ke 69 Kab Subang. Kata Ojang kegiatan ini hasil ngobrol dengan Kepala Stasiun RRI Bandung, Hasto Kuncoro yang ingin memberdayakan potensi RT/RW dengan strategi komunikasi. Di masa depan bisa dicontoh di daerah lain dengan tujuan yang sama.

Dibenarkan oleh Hasto bahwa RW beserta RT memiliki posisi yag strategis sebagai pelayan masyarakat. Maka perlu dioptimalkan. Salah satu caranya melalui komunikasi dengan pimpinan daerah/Bupati.

Pencanagan setiap hari libur pukul 8 – 9 malam di RRI Bandung di kanal 106,9 FM siap melayani aspirasi dengan para RT/RW melalui jaringan telepon. Selain telepon, dibuka juga saluran pesan singkat (SMS) dan jaringan media sosial twitter dan Facebook. Pihaknya akan mencetak kemudian melaporkannya kepada Bupati.

Pencanangan Dialog Interaktif Brigade RW Kabupaten Subang diresmikan dengan pemukulan kentongan oleh Direktur Utama RRI Niken Rosarita Niken Widiastuti.

Bupati Subang Ojang Sohandi saat memberikan sambutan
Bupati Subang Ojang Sohandi saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Niken menyampaikan bahwa perkembagan masalah di masyarakat seperti keamanan dan narkoba akan bisa diatasi bila ada komunikasi dengan pimpinan dengan masyarakat melalui RW dan RW sebagai mediator dalam mengingatkan bahaya yang ada dimasyarakat.

“Dengan adanya komunikasi melalui radio bisa membangun komunikasi (Pemerintah) Subang lebih maju. Semakin erat hubungannya dengan unsur masyarakat,” ujar Niken.

Menurut Niken, kegiatan yang dicanangkan merupakan implementasi tugas RRI yang diamanatkan oleh UU Penyiaran dan Komisi I DPR untuk mamberikan pelayanan informasi, pendidikan, pelestarian budaya hiburan sehat dan kontrol sosial dan menjaga citra Indonesia di mata internasional.

Dialog interaktif pertama berlangsung hanga. Berbagai maslah diadukan oleh para Ketua RW yang diberikan kesempatan untuk berdialog. Diantaranya permasalahan kualitas beras masyarakat miskin (Raskin) dan permasalahan infrastruktur di desa-desa.

Pada kegiatan ini Bupati Subang didampingi oleh Wakil Bupati Subang, Imas Aryumningsih beserta jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Subang dan Jajaran Pejabat Muspida Kab Subang. Diantaranya Ketua DPRD, Beni Rudiono, Kabagops Polres Subang Komisaris Pol Bobby Indra dan para tamu undangan penyiar senior RRI Kabul Budiono, Direktur Pencegahan BNN, Gun Gun Siswadi dan Ketua Komisi I DPR RI, Tb. Hasanudin. (Teddy Widara)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.