Sabtu, 7 Desember 19

Personel Bakamla RI Terima Pembekalan Hukum Internasional 

Personel Bakamla RI Terima Pembekalan Hukum Internasional 
* Personel Bakamla RI yang berdinas di Jakarta mengikuti Bimbingan Teknis Hukum Internasional di Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut  di ruang rapat Rawamangun Bakamla RI Jl. Pemuda Kav. 52, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (12/11/19). (Foto: Humas Bakamla RI)

Personel Bakamla RI yang berdinas di Jakarta mengikuti Bimbingan Teknis Hukum Internasional di Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut  di ruang rapat Rawamangun Bakamla RI Jl. Pemuda Kav. 52, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (12/11/19).

Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari tersebut secara resmi dibuka oleh Deputi Informasi, Hukum dan Kerjasama Bakamla RI Laksma Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H.

Dalam sambutannya Laksma Dade antara lain mengatakan, Indonesia sebagai negara berdaulat memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan pengaturan, pengawasan, perlindungan dan pengelolaan atas darat, laut, dan udara guna melindungi kepentingan nasional tanpa mengabaikan kepentingan Internasional.

“Badan Keamanan Laut yang merupakan leading sector untuk patroli keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di laut diharapkan dapat bersinergi dengan seluruh instansi terkait yang memiliki unsur patroli, sehingga kedepannya penegakan hukum di laut dapat dilakukan secara efektif, efisien, dan responsif,” ujar Laksma Dade.

Laksma Dade juga menegaskan, personel Bakamla RI perlu mempunyai kemampuan dan pemahaman yang mendalam terhadap hukum internasional sebagai salah satu instrumen pelaksanaan tugas penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

“Diharapkan personel Bakamla RI memahami bagaimana implementasi hukum dan konvensi internasional itu diterapkan,” imbuh Laksma Dade.

Narasumber pada acara tersebut Guru Besar Universitas Indonesia Prof. Dr. Topo Santoso, H., M.H., yang memberikan materi mengenai Penegakan Hukum terhadap Peredaran Narkotika di Laut.

Sementara itu Pakar Hukum Internasional Universitas Indonesia Dr.Jur. Damos Dumoli Agusman, S.H., M.H.,  memberikan materi mengenai Penegakan Hukum di Perairan Perbatasan yang Belum Ditentukan.

Lektor Kepala Universitas Indonesia Arie Afriansyah, S.H., MIL, Ph.D.,  memberikan materi mengenai Penyelundupan Manusia di Laut dan  Penegakan Hukum Lingkungan karena Ketidak Sengajaan.

Lektor Universitas Indonesia Andreas Pramudianto, S.H., M.Si., memberikan materi mengenai Hukum terkait Perlindungan Lingkungan Laut.

Turut hadir pada acara tersebut antara lain: Direktur Hukum Bakamla RI Laksma Bakamla Eddy Rate Muis, S.H., M.H., Kasubdit HI dan PUU Bakamla Letkol Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., serta Mayor Bakamla Kurnialis Baktiajeng Chairanty, S.H., M.Si. (Han) selaku Ketua Panitia Bimtek. (Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla Ri Letkol Bakamla Mardiono)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.