Sabtu, 4 Februari 23

Persiapan Lebaran Polda Jateng Siapkan Ratusan Pospam

Persiapan Lebaran Polda Jateng Siapkan Ratusan Pospam
* Kombes Pol Benyamin menjelaskan rekayasa lantas yang akan dilaksanakan pada lebaran 2015.

Semarang, Obsessionnews – Polda Jawa Tengah mempersiapkan setidaknya 304 Pos Pengamanan (Pospam) dan 61 Pos Pelayanan (Posyan) guna menghadapi musim lebaran tahun 2015. Demikian disampaikan oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Nur Ali melalui Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Benyamin dalam acara rapat koordinasi ekonomi keuangan dan industri daerah (Ekuinda) di gedung Grahadika Bakti Praja, Provinsi Jawa Tengah, Senin (8/6/2015).

Pihaknya juga menyiapkan berbagai pengamanan dalam operasi Ketupat Candi 2015 yang diselenggarakan selama 16 hari dengan melibatkan sebanyak 8.170 personel dimana rinciannya Mapolda Jateng 1.300 personel dan Jajaran Polres 6.870 personel.

“Untuk rest area kita sediakan 188 lokasi dengan rincian pantura 92 titik, wilayah tengah 45 titik dan selatan 51 titik. Semuanya dengan satu tujuan yakni mewujudkan situasi kondusif, aman dan nyaman,” jelasnya.

Dalam lebaran mendatang, penerapan arus lantas menggunakan pola 3-1 yaitu penempatan personil lantas untuk mengatur buka tutup arus dan pada jalur lenggang, lajur dalam digunakan untuk dilewati kendaraan berlawanan arah. Bila kepadatan telah terurai maka pola arus dikembalikan seperti semula.

Benyamin menyebutkan beberapa titik krusial penyebab kemacetan yang sering terjadi yakni Exit Tol Pejagan Brebes, Alas Roban Batang dan Exit Tol Bawen. Untuk Exit Tol Pejagan, masyarakat lebih memilih melewati tol Pejagan ketimbang jalur Losari sehingga terjadi penumpukan arus menuju Semarang dan Banyumas.

“Sedangkan untuk Exit Tol Bawen kemungkinan terjadi penumpukan arus lantas baik dari arah Jogja maupun Semarang. Puncak kepadatan arus terjadi pada H-3 sampai H+5 pukul 06:00 hingga 22:00 WIB,” imbuhnya.

Sementara itu secara keseluruhan perkiraan puncak arus mudik disinyalir pada H-3 tanggal 14-16 Juli dan puncak arus balik pada H+6 hingga H+8, tanggal 24-26 Juli 2015.

Disisi lain Polda Jateng tak lupa berencana memasang 144 CCTV yang dilaksanakam oleh RTMC Polda Jateng sejumlah 34 titik CCTV dan 110 titik CCTV oleh jajaran Polres.

“CCTV sebagai pemantauan arus kendaraan mudik secara online sehingga memudahkan masyarakat mengetahui titik-titik kemacetan,” tutupnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.