Minggu, 17 Oktober 21

Perppu Ormas Disahkan, Mahfud: HTI Sudah Tamat

Perppu Ormas Disahkan, Mahfud: HTI Sudah Tamat
* Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, foto Twitter @mohmahfudmd.

Jakarta, Obsessionnews.com – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No.2 Tahun 2017 tentang Ormas sudah disahkan menjadi Undang-undang (UU) pada sidang paripurna DPR,  Selasa (24/10/2017). Dengan demikian pemerintah sudah memiliki kewenangan untuk membubarkan ormas.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, ormas yang sudah bisa dibubarkan adalah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sebagai ormas pengusung ideologi khilafah dan menolak ideologi Pancasila. Gerakan HTI dianggap mengancam keutuhan NKRI.

(Perppu 1)- Dgn diterimanya Perppu 2/2017 oleh DPR hr ini ada 3 konsekuensi hukum yang intinya: HTI sebagai ormas sdh tamat, tak bs hidup lg,” ujar Mahfud di akun Twitternya @mohmahfudmd, Rabu (25/10).

Ini berarti, kata Mahfud, pembubaran HTI oleh pemerintah sudah sah sesuai dengan undang-undang. Adapun pihak yang telah menggugat peraturan ini di MK dinyatakan sudah gugur.

(Perppu 3) Dgn diterimanya Perppu oleh DPR, prkara judicial review di MK kehilangan obyek. MK hrs sgera memvonis permohonan tdk dpt diterima,” tulisnya di akun Twitternya.

(Perppu 4) Klau Perppu yg sdh jd UU ini di-jr lg ke MK dan MK mengabulkan maka HTI tetap bubar sebab vonis MK berllaku ke depan (prospektif),” ujarnya.

Pemerintah punya kewenangan untuk membubarkan ormas yang bertentangan dengan Pancasila, dan bisa mengancam NKRI. Pembubaran ormas merupakan tahapan sanksi terakhir yang akan dijatuhkan kepada ormas yang melanggar.

Sebelumnya, pemerintah melalui menteri terkait akan memberikan peringatan tertulis hingga penghentian kegiatan. Jika sanksi penghentian kegiatan tak digubris, pemerintah baru akan menjatuhkan sanksi pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum alias pembubaran. (Albar)

 

Baca Juga:

Perppu Ormas Disahkan, Ketahuan Rezim Suka Jalan Pintas

Polda Minta Massa yang Tolak Perppu Ormas Tak Menginap di DPR

Tolak Perppu Ormas, PAN Punya Alasan ‘Melawan’ Pemerintah

Stop Persekusi Politik Berbasis Perppu Ormas

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.