Minggu, 18 April 21

Permendag No. 6/2015 Berlaku Pemda Atur Penjualan Miras

Permendag No. 6/2015 Berlaku Pemda Atur Penjualan Miras

Jakarta, Obsessionnews – Meski pemerintah pusat bakal mengembalikan kewenangan terkait peredaran minuman dengan kandungan alkohol maksimal 5% kepada pemerintah daerah, Kementerian Perdagangan menengaskan larangan soal miras masih berlaku.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Srie Agustina bilang, selama ini belum ada pemda yang ajukan permohonan pelonggaran aturan terkait penjualan miras. Makanya, Peraturan Menteri Perdagangan nomor 6 tahun 2015 soal pengendalian dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol tetap berlaku.

“Sampai sekarang, belum ada pemerintah daerah yang menyurati kami meminta lokasi tertentu yang diperbolehkan menjual minuman keras dimana,” kata dia di kantornya, Jumat (18/9).

Sebelumnya, pihak Kementerian Perdagangan sudah lebih dulu menerbitkan peraturan nomor 20 tahun 2014 yang memberi kewenangan kepada masing-masing pemda guna mengatur lokasi penjualan miras golongan A di tempat-tempat tertentu sesuai karakteristik daerah dan budaya lokal. Ini pun ditafsirkan bahwa pemda sudah memahami kalau peraturan itu menyatakan ada kewenangan yang belum digunakan.

“Dalam aturan itu juga sudah menetapkan tempat-tempat tertentu yang diperbolehkan menjual secara eceran maupun menjual langsung untuk diminum di tempat berdasarkan peraturan Pemda setempat,” jelas Srie. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.