Minggu, 3 Maret 24

“PermataYouthPreneur” Kembangkan Potensi Profesional dan Wirausaha Berbasis Digital Bagi Perempuan Indonesia

“PermataYouthPreneur” Kembangkan Potensi Profesional dan Wirausaha Berbasis Digital Bagi Perempuan Indonesia
* Para peserta PermataYouthPreneur yang diadakan Permata Bank 2023. (Foto: Dokumentasi Permata Bank)

Obsessionnews.com – Permata Bank kembali menghadirkan kembali PermataYouthPreneur yang ke-6 kalinya pada 2023, untuk mendukung potensi perempuan muda Indonesia agar mampu berkompetisi di dunia bisnis berbasis digital. Melalui PermataHati, pemenang dari kompetisi di programa ini pun telah diumumkan, terdapat pemenang satu, dua dan tiga, serta pemenang pilihan.

“PermataBank bertekad untuk mendukung dan mengajak lebih banyak  generasi muda Indonesia, khususnya perempuan, dengan minat dalam bidang teknologi, digital  dan wirausaha untuk menggali dan mengembangkan potensi mereka melalui program PYP. Kami  berharap mereka bisa turut berkontribusi sebagai talenta digital, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan mendirikan usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar Division Head, Corporate Communications PermataBank, Glenn Ranti, dilansir dari siaran pers, Rabu (29/11/2023).

Tahun ini PYP sendiri mengangkat tema “WomenDigipreneur: Inovasi Digital untuk UMKM Indonesia”, yang bertujuan mendukung penuh talenta perempuan-perempuan muda Indonesia untuk  mengembangkan ide dan potensi, serta berinovasi demi kemajuan UMKM di Indonesia berbasis  digital.  

Lebih dari 3.000 perempuan muda dari 36 provinsi dan 1.250 institusi pendidikan meliputi SMA,  SMK, Politeknik dan Universitas turut mendaftar untuk mengikuti program ini. Semua pendaftar  pun berkesempatan untuk mendapatkan kursus UI/UX Dasar dan kelas Literasi Finansial secara  gratis. Setelah melalui seleksi, 100 peserta mendapatkan serangkaian kelas Digital Product  Development, dimana mereka mulai mengembangkan ide dan inovasi produk digital untuk  menjawab tantangan yang diberikan.

Pelatihan juga diperkaya dengan kelas-kelas soft skill,  seperti pembuatan Pitch Deck dan kemampuan presentasi di hadapan calon investor, hingga bekal pengetahuan lainnya seperti kelas pengenalan terhadap peran Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) yang akan bermanfaat bagi peserta, baik jika mereka menjadi entrepreneur maupun  bekerja profesional. 

Berkolaborasi dengan Skilvul yang merupakan  sebuah platform pendidikan teknologi yang menyediakan konten pembelajaran keterampilan  digital dengan metode “blended-learning” dalam bentuk online maupun offline

Adapun pemenang PermataYouthPreneur 2023:

Pemenang 1: Kelompok “Manager Wang”, dengan inovasi produk aplikasi seluler  yang dirancang untuk membantu dan mempermudah manajemen keuangan pemilik  UMKM. 

Pemenang 2: Kelompok “Glowlab”, dengan inovasi berupa aplikasi yang membantu  konsumen mengetahui kebutuhan perawatan kulit wajah mereka, dilengkapi dengan  teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menganalisis permasalahan kulit pada  wajah, memberikan rekomendasi produk-produk lokal dari UMKM,hingga melakukan  transaksi pembelian. 

Pemenang 3: Kelompok “Optimus”, dengan inovasi sebuah website business  management tools bernama “Optima” yang membantu UMKM mendapatkan profit  optimal melalui berbagai fitur manajemen finansial.  

People’s Choice Award: Kelompok “Digitapreneur Alliance”, dengan inovasi sebuah  website bernama Rumah UMKM yang memberikan solusi digital untuk meningkatkan  pertumbuhan bisnis UMKM melalui fitur forum, kolaborasi, dan bimbingan mentor. Khusus untuk kategori ini, juara dipilih berdasarkan pengambilan suara (voting)  melalui Youtube yang dibuka untuk umum.  

Atas prestasinya, para pemenang ini berhak atas hadiah tabungan dan kesempatan beasiswa  bootcamp bersama Skilvul dengan total nilai sebesar Rp62 juta. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.