Senin, 20 September 21

Perlu Upaya Radikal Selamatkan Industri Dalam Negeri

Perlu Upaya Radikal Selamatkan Industri Dalam Negeri

Jakarta, Obsessionnews – Penyerapan pasar luar negeri dan masuknya barang impor sejenis dengan harga kompetitif memicu PHK pada sektor tekstil dan produk tekstil.

Penurunan daya beli masyarakat akibat perlambatan perekonomian nasional juga disebut-sebut sebagai pemicu PHK.

“Daya saing industri tergerus karena biaya energi mencekik yaitu listrik dan gas,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin Dalam diskusi bertajuk Penyelamatan Industri di Tanah Air Terutama Terhadap Neraca Perdagangan Non Migas dan PHK Massal, yang digelar Berdikari Center di Jakarta, Senin malam (22/6).

Saleh juga menyebutkan, pihaknya terus mengupayakan penurunan harga gas demi menyelamatkan industri dan lapangan kerja.

Pada jangka pendek, menurut Saleh, penyelamatan industri dilakukan dengan realisasi fasilitas bea masuk yang ditanggung pemerintah serta mempercepat realisasi program restrukturisasi permesinan industri tekstil dan alas kaki. Sementara jangka panjang, dikerjakan dengan cara
pemberian stimulus fiskal dan pemberian kredit.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI Aria Bima mengatakan perlu ada terobosan radikal yang kudu dilakukan pemerintah seperti kebijakan industri yang menjadi acuan dan diikuti seluruh Kementerian. Ini, juga dimaksudkan menyiasati ego sektoral yang masih kuat. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.