Rabu, 25 Mei 22

Perlu Revolusi Mindset Hadapi Ancaman Global

Perlu Revolusi Mindset Hadapi Ancaman Global
* Haris Rusly.

Jakarta, Obsessionnews – Koordinator Petisi 28 Haris Rusly yang juga mantan Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD) mengemukakan, salah satu bentuk ancaman nyata yang sedang dan akan kita hadapi melalui globalisasi sistem pasar bebas dan revolusi teknologi informasi yang telah menciptakan situasi ‘flat world’ atau ‘borderless’, adalah situasi tanpa sekat, tanpa dinding dan tanpa rahasia.

“Selama beberapa dekade sebelumnya, sejarah telah bergerak men-sekat umat manusia melalui batas-batas negara, batas agama, batas kelas sosial dan batas kesukuan. Penindasan dan penghisapan terhadap umat manusia, yang melahirkan konflik, penaklukan, perlawanan dan pertarungan, bergerak dan lahir dari bentuk-bentuk sekat berdasarkan batas negara, agama, kelas sosial dan kesukuan,” paparnya, Kamis (24/12/2015).

Namun, menurutnya, saat ini dan ke depan, melalui globalisasi sistem pasar bebas dan revolusi teknologi informasi telah menghadirkan spektrum ancaman dan tantangan yang baru. “Nampaknya, sejarah akan bergerak bagaikan tsunami yang akan menjebol dan merobohkan tiang dan tembok yang menciptakan border, tembok atau sekat berdasarkan batas negara, batas agama, kelas sosial dan kesukuan,” tandas Haris Rusli.

“Ancaman situasi borderless melalui globalisasi sistem pasar bebas dan revolusi teknologi informasi tersebut juga akan mengubur secara otomatis sejumlah ideologi dan teori yang berdiri di atas situasi sejarah yang men-sekat dan membenturkan umat manusia berdasarkan kategori kelas sosial (teori dan ideologi pertentangan kelas model marxisme-leninisme) dan kategori agama (ideologi radikalisme dan pertentangan antara agama),” tambahnya. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.