Selasa, 21 September 21

Perkuat Kinerja Humas, Unpad Gelar Pelatihan Berita

Perkuat Kinerja Humas, Unpad Gelar Pelatihan Berita

Bandung, Obsessionnews – Rabu dan Kamis (1-2/7) Jajaran Humas Universitas Pajajaran menggelar pelatihan layanan berita. Acara dibuka Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Hukum dan Tata Kelola Unpad, Slamet Suprapto, S.Sos., M.Si.

Slamet mengungkapkan peran Humas sangat strategis, diantaranya yaitu menjalin komunikasi yang baik dengan pihak internal dan eksternal.

Untuk hari pertama, pelatihan diselenggarakan di Laboratorium Media dan Newsroom Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, Jatinangor. Sementara hari kedua pelatihan akan diselenggarakan di Ruang Rapat Bersama Lt. 1 Gedung Rektorat Unpad, Kampus Jatinangor. Acara diikuti oleh sejumlah staf Humas Fakultas, Pascasarjana dan pusat.

“Peran Humas sangat strategis. Kita boleh katakan Humas merupakan garda terdepan yang mewakili sebuah institusi,” tutur Slamet.

Ia pun berpesan agar para Humas terus memperbarui informasi yang ada di website unit kerjanya masing-masing. Peran website bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga edukasi pada masyarakat.

“Mudah-mudahan rekan-rekan dapat menyerap materi pada pelatihan ini. Menjadikan bekal kita untuk mengelola website di masing-masing unit kerja menjadi lebih maksimal,” harap Slamet.

humas unpad2

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan hari pertama ini adalah mengenai Penulisan Berita dan Press Release, Teknik Reportase, dan Fotografi Kehumasan. Pada hari kedua, peserta akan diberikan materi mengenai Dukungan Fasilitas TI untuk Media Layanan Berita dan Dinamika Berita Rektorat dan Fakultas.

Sementara itu menurut Kepala UPT Humas Unpad Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos tujuan digelarnya acara tersebut untuk meningkatkan kemampuan para personil Humas Fakultas dan Universitas, serta meningkatkan jejaring kehumasan dengan memanfaatkan media website.

Soni menuturkan, melalui pelatihan ini diharapkan kuantitas dan produktivitas pemberitaan website, baik website universitas maupun fakultas semakin meningkat.

Layanan berita website yang dikelola lebih menarik dan informatif dapat meningkatkan minat dari dosen, mahasiswa, dan pegawai untuk selalu membacanya, serta memberikan daya tarik bagi media pers untuk memanfaatkannya sebagai sumber informasi. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.