Rabu, 2 Desember 20

Perkuat Ekonomi Nasional, UMKM Harus Dilibatkan Dalam Rantai Pasok

Perkuat Ekonomi Nasional, UMKM Harus Dilibatkan Dalam Rantai Pasok
* Salah satu unit UMKM yang tengah berproduksi (foto : Ist)

Jakarta, Obsessionnews.com – Posisi UMKM dalam rantai pasok dinilai sangat penting dan perlu diperkuat mengingat perannya yang besar dalam menggerakkan perekonomian pada level terbawah dan riil. Hal itu dinyatakan oleh Ketua Dewan Nasional Institut Kebijakan Publik Nusantara, Achmad Yakub.

Dikatakannya bahwa posisi UMKM di Indonesia saat ini memegang peran yang vital karena menampung dan menyerap mayoritas tenaga kerja yang tak tertampung oleh sektor formal. Oleh karena itu, Yakub menilai penguatan posisi UMKM dalam rantai pasok akan mampu menumpu perekonomian terlebih di tengah hantaman pandemi covid-19.

“Jadi saat ini perlu aturan yang jelas, tidak tumpang tindih, dan tidak memberatkan karena sangat penting dalam kegiatan usaha,” kata Yakub dalam keterangannya, Jumat (23/10/2020).

Dia menegaskan Indonesia memerlukan aturan yang dapat memberikan perlindungan UMKM dari praktik-praktik kemitraan yang bersifat predatory sembari mengoptimalkan peran UMKM dalam rantai pasok. Yakub meyakini kebutuhan akan aturan tersebut terfasilitasi dengan adanya UU Cipta Kerja akan berpotensi memberikan proteksi terhadap persaingan UMKM dengan usaha besar. Menurut Yakub, UU tersebut akan menghadirkan dampak positif terhadap UMKM terutama dari sisi semakin kuatnya pada rantai pasok.

Yakub yang juga pengamat dan praktisi UMKM itu menyarankan agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat memberikan insentif dan kemudahan dalam membangun kemitraan dengan KUMKM.

“Kompetensi dan level usaha UMKM juga dapat meningkat dengan adanya fasilitasi yang diberikan kepada para KUMKM untuk dapat masuk dalam rantai pasok industri,” katanya. (Has)

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.