Jumat, 12 Agustus 22

Perjuangan Sangat Berat Bagi Timses Ahok

Perjuangan Sangat Berat Bagi Timses Ahok
* Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2016).

Jakarta, Obsessionnews.com – Bareskrim Polri menetapkan Gubernur DKI Jakarta non akif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaaan agama, Rabu (16/11/2016). Calon gubernur DKI pada Pilkada 2017 ini diduga menghina Al-Quran surat Al Maidah 51. Penetapan Ahok sebagai tersangka diputuskan setelah dilakukan gelar perkara di Bareskrim Polri pada Selasa (15/11).

Dengan demikian proses selanjutnya adalah penyidikan yang akan berujung kepada proses peradilan. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, tak tertutup kemungkinan nantinya sidang peradilan akan terbuka, yakni disiarkan langsung di televisi. Seperti sidang Jessica, terpidana kasus pembunuhan Mirna melalui kopi bersianida.

Pengamat politik dari Universitas Presiden, Muhammad AS Hikam.
Pengamat politik dari Universitas Presiden, Muhammad AS Hikam.

Pengamat politik dari Universitas Presiden, Muhammad AS Hikam, mengatakan keputusan Bareskrim  Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka akan mempengaruhi kondisi politik di DKI yang sedang menghadapi Pilkada.

“Tentu saja diharapkan keputusan ini bisa menjadi indikasi bahwa pemerintah dan aparat hukum bekerja secara profesional dan cepat sebagaimana diinginkan oleh semua pihak terkait dan juga publik,” kata Hikam seperti dikutip Obsessionnews.com dari blog The Hikam Forum, Rabu (16/11).

Menurutnya, bagi Ahok sendiri tentu keputusan ini akan sangat mempengaruhi prospek pencalonannya. Kendati secara perundang-undangan  Ahok  tetap bisa terlibat dalam proses Pilkada,  tetapi tentu akan berdampak secara psikologi maupun kampanye, popularitas, dan elektabilitasnya.

“Ini berarti sebuah perjuangan yang sangat berat bagi timses dan juga pasangan beliau serta parpol-parpol pendukungnya,” kata mantan Menteri Riset dan Teknologi ini.

Akankah terjadi pergeseran-pergeseran yang akan membuat pencalonan Ahok-Djarot mengalami kemerosotan dan bahkan kekalahan pada Februari 2017? “Kita lihat saja perkembangannya nanti,” pungkas Hikam. (@arif_rhakim)

Baca Juga:

Arifin Ilham: Ahok Tersangka, Awal Kehancuran Bagi Kesombongan

Ahok Tersangka, Jangan Euforia Dulu

Teman Ahok Kecewa Ahok Jadi Tersangka

Resmi Tersangka, Ahok Harus Cepat Masuk Penjara

Kabareskrim: Tak Ada Tekanan Tetapkan Ahok Tersangka

Pengacara Yakin ‘Nilai Jual’ Ahok Masih Tinggi

Pihak Ahok Belum Putuskan akan Preperadilan

Status Tersangka, Ruang Gerak Ahok Jadi Sempit                                                

Demo 4 November Tuntut Ahok Dipenjara

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.